Nasional

Masjid Raya Syeikh Zayed Solo, Megah Indah Berarsitektur Timur Tengah

Sehari Dikunjungi Ribuan Orang

kacenews.id-SURAKARTA-Masjid Raya Syeikh Zayed terletak di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Gilingan Kecamatan Nusukan Kota Solo Jawa Tengah.

Pantau Kacenews.id, memasuki area masjid ini sempat mengantri karena harus melewati para petugas pemeriksaan. Dan ketika masuk terlihat banyak pengunjung, baik dari warga sekitar maupun wisatawan dari berbagai daerah. Selain untuk Shalat berjemaah, tujuan mereka juga ingin melihat keindahan dan kemegahan dari masjid tersebut.

Info dari Laman Setda Kota Surakarta, Masjid ini menempati lahan bekas Depo Pertamina. Dengan luas bangunan mencapai 8.000 meter persegi. Dengan daya tampung hingga 10.000 jemaah. Masjid Raya Sheikh Zayed Solo mampu menjadi tempat ibadah bagi banyak orang. Jam operasional masjid ini sangat mendukung, dengan pintunya terbuka sepanjang hari mulai dari waktu Subuh hingga Isya yaitu dari pukul 5 pagi hingga 9 malam.

Hal ini memungkinkan warga Solo untuk mengunjungi masjid ini sesuai jadwal dan kenyamanan mereka. Penting untuk dicatat bahwa wisata religi ini tidak memungut biaya masuk. Meskipun demikian, para jemaah diharapkan untuk mematuhi aturan-aturan yang berlaku saat berada di lingkungan masjid. Ini termasuk pemeriksaan barang bawaan, berpakaian sopan, menggunakan penutup kepala bagi perempuan serta menjauhi aktivitas makan dan minum di dalam area masjid.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo menawarkan keindahan arsitektur Timur Tengah yang memukau dan paduan harmonis dengan kearifan lokal Indonesia. Bahkan Data Dinas Perhubungan (Dishub) setempat juga mencatat jumlah pengunjung Masjid Syeikh Zayed pernah mencapai 40.000 dalam sehari moment tersebut terjadi saat masa libur Hari Raya Idulfitri 2023.(Rils)

Back to top button