Finansial

KSOP Kelas II Cirebon Bagikan Life Jaket ke Nelayan

kacenews.id-CIREBON-Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon merayakan HUT Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) yang ke-51. Acara peringatan berlangsung di Dermaga Pelita II Pelabuhan Cirebon dengan diawali Apel dan Upacara, Selasa (30/1/2024).
Apel peringatan dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Pembina Apel, Een Nuraeni Saidah, Danup, I Gede, dan Paup, Moh Dani Jaelani. Selain itu, Hadir pula sejumlah kepala instansi terkait seperti Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon, Bea dan Cukai Type Madya Pabean C Cirebon, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung Wilayah Kerja Cirebon, dan lainnya.
Acara dimeriahkan dengan kehadiran General Manager PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Cirebon, Komandan Kapal Patroli KN. P Celurit dan Ketua DPC beberapa organisasi maritim di Cirebon.
Selain memperingati hari ulang tahun KPLP, dilakukan pembagian life jacket kepada masyarakat nelayan di wilayah pelabuhan Cirebon untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan pelayaran dan mempererat tali silaturahmi antar insan maritim.
Kepala Kantor KSOP Kelas II Cirebon, Een Nuraeni Saidah menyampaikan ucapan selamat HUT ke-51 kepada seluruh Insan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai. Berharap, semboyan “Dharma Jala Prajatama” sebagai pedoman dapat terus dipegang teguh untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

“Sejarah KPLP sebagai organisasi tertua di Indonesia yang melaksanakan penjagaan dan penegakan hukum di laut diungkapkan. Tanggal 30 Januari 2024 menandai hari ulang tahun KPLP yang ke-51,” katanya.
Fokus KPLP Cirebon pada keselamatan dan keamanan pelayaran, terutama dalam pengawasan keselamatan pelayaran. KPLP berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di wilayah kerja Pelabuhan Cirebon.
“Dengan dukungan dua unit kapal patroli, diharapkan tugas-tugas patroli dan pengamanan di perairan Pelabuhan Cirebon dapat berjalan lebih optimal, menjaga alur pelayaran aman dan lancar,” ujar Een.
Koordinasi intensif dengan instansi terkait, terutama terkait dengan pelayanan bongkar muat barang berbahaya serta penanggulangan dampak pencemaran di pelabuhan, menjadi salah satu tujuan KPLP.
Upaya menjaga kelestarian lingkungan laut dan meningkatkan mutu sumber daya manusia di bidang pencemaran menjadi prioritas. Diklat, Bimtek, dan FGD dengan perusahaan maritim dan PPTM menjadi sarana untuk mencapai tujuan tersebut.
Kepala Kantor KSOP Kelas II Cirebon berharap, eksistensi dan semangat KPLP dalam menjaga laut Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Barat, tetap bergelora.
Dukungan dari berbagai pihak, baik kementerian/lembaga, instansi maupun swasta, diharapkan dapat memperkuat semangat dan konsistensi KPLP dalam menjalankan tugasnya.(Jak)

Related Articles

Back to top button