Saba Desa

FKKC Berharap BPJS Kesehatan Bisa Kembali Aktif

kacenews.id-CIREBON-Asuransi kesehatan sangat diperlukan bagi seluruh masyarakat, tak terkecuali para kuwu yang baru dilantik. Demikian dikatakan Sekretaris Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) Kabupaten Cirebon, Ahmad Hudori.
“Sekitar 79 Kuwu yang baru dilantik pada Desember 2023, maka perlu adanya kesigapan pemkab untuk segera mengaktifkan BPJS bagi para kuwu,” katanya, saat ditemui KC di ruang kerjanya, Senin (29/1/2024).
Kuwu Desa Cibogo Kecamatan Waled ini mencontohkan, kinerja kuwu nyaris 24 sangat diperlukan adanya asuransi kesehatan. Salah satunya, BPJS kesehatan bagi para kuwu dan keluarganya. Namun yang terjadi setiap awal tahun, BPJS tersebut tidak aktif.
Padahal, sudah terbayarkan dari desa. Sehingga, ketika ada keluarga kuwu yang sakit terpaksa membayar sendiri. “Biasanya ketahuan tidak aktif ketika ingin menggunakan BPJS. Jangan sampai tahun ini terulang kembali adanya BPJS yang tidak aktif,” jelasnya.

Kuwu dua periode ini menambahkan, secara langsung pembayaran BPJS dari penghasilan tetap (siltap) kuwu sebesar satu persen. Maka, perlu segera diaktifkan BPJS bagi para kuwu baru dan lama. Bahkan, kuwu lama juga ada yang belum aktif BPJS-nya.
“Tentunya, kita semua berharap tidak sakit. Tapi dengan adanya BPJS kesehatan, dapat memberikan dampak positip bagi para kuwu, bilamana diperlukan,” imbuhnya.
Dirinya mengharapkan, Pemkab dapat memperhatikan desa yang ada di wilayahnya, baik pembangunan maupun kesejahteraan.
“Kami ucapkan terima kasih pada pihak terkait yang turut membangun desa, dari yang baik menjadi lebih baik,” pungkas pria yang biasa dipanggil Ahud ini.(Pra)

Related Articles

Back to top button