Pendidikan

Didorong Mampu Mandiri, MAN 1 Kuningan Cetak Lulusan Terampil

 

 

kacenews.id-KUNINGAN-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 (Cigugur) Kuningan bertekad mencetak lulusan yang memiliki keterampilan. Sehingga  mampu hidup mandiri setelah dibekali berbagai ilmu pengetahuan,  untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala MAN 1 Kuningan, H Dadang Haerudin, Sabtu (27/1/2024) mengungkapkan, sesuai dengan moto sekolah “Mansaku Hebat” yang berarti Madrasah Aliyah Negeri 1 Kuningan yang Humanis, Edukatif, Bersih, Agamis dan Terampil, maka sekolah ini memiliki misi untuk mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional serta terlaksananya pendidikan keterampilan yang mampu mencetak lulusan yang terampil agar bisa hidup mandiri.

“Itulah moto sekolah yang hinggi kini tetap dipertahankan secara istiqomah (konsisten), dalam upaya peningkatan mutu sekaligus prestasi sesuai harapan banyak pihak,”katanya.

Menurutnya, dalam memajukan sekolah  pihaknya memiliki kiat-kiat, di antaranya dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guru dan siswa, melengkapi sarana maupun prasarana, publikasi  diintensifkan dan melakukan kerja sama dalam semua bidang.  Sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi para siswa.

“Alhamdullillah, selama 2023 prestasi non akademik sempat diraih, seperti juara turnamen bola voli Posisma, juara MTQ putri Posisma, juara 2 kaligrafi Posisma dan kejuaraan lainnya yang dapat mengharumkan nama madrasah,” katanya.

Kemudian prestasi di bidang akademik di antaranya, juara 2 cerdas cermat Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kabupaten Kuningan, juara 2 Olimpiade Tingkat Wira Wilayah 3, juara 1 Diklat Poljar 2022 Lomba Cerdas Cermat (LCC),  The 2 Winner English Depart Student 2022 dan lain-lain.

Ia menyebutkan, sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional madrasah ini  dilengkapi sejumlah unit bangunan yang cukup representatif dan megah. Sehingga dapat mendukung terhadap kegiatan belajar dan mengajar. Termasuk ruang keterampilan reparasi sepeda motor, pengelasan, keterampilan tata busana dan multimedia.  Selain memperdalam program unggulan tersebut, sekolah ini memiliki tiga jurusan yakni keagamaan, IPA dan IPS.

“Diharapkan ke depan, MAN 1 Kuningan lebih maju dan berprestasi serta lulusannya  banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi (PT),” ucapnya.(Emsul)

 

 

 

 

 

Related Articles

Back to top button