Ayumajakuning

Luncurkan Logo dan Tagline Pariwisata “Kuningan Beu”, Pemda Upayakan Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan

 

 

 

 

kacenews.id-KUNINGAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata meluncurkan (launching) Calendar of Event (COE), di obyek wisata Balong Dalem, Jumat (26/1/2024). Kegiatan ini sebagai  upaya memperkuat Kuningan sebagai destinasi wisata unggulan di Jawa Barat (Jabar).

Kepala Dinas Porapar Provinsi Jawa Barat, Asep Sukmana, mengemukakan  ada tiga fokus utama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke daerah, yakni melalui kebudayaan, kuliner dan potensi wisatanya.

“Kuningan sudah punya itu semua, potensi kebudayaannya, kulinernya serta wisatanya yang menakjubkan. Jadi kami dorong event-event berskala internasional dilakukan. Jangan  setengah-setengah, kita ingin mendorong destinasi wisata di daerah Ciayumajakuning dan Jawa Barat bagian selatan, karena Bandung sudah crowded,” katanya.

Pada kegiatan itu,  Pejabat (Pj) Bupati Kuningan, H Raden Iip Hidayat,  memperkenalkan logo dan tagline pariwisata Kuningan yang mengusung tema “Kuningan Beu”, yang  memiliki arti ayo berwisata ke Kuningan.Kuningan Beu  berasal dari Basa Sunda dialek Kuningan yang berbeda dengan Basa Sunda pada umumnya di Jawa Barat. Memiliki arti “Yuk ah, ke Kabupaten Kuningan!”dengan tujuan untuk mengundang langsung masyarakat datang ke Kabupaten Kuningan.

Beu…!”itu diartikan juga sebagai tanda kedekatan antara Kuningan dan masyarakat karena penggunaannya hanya pada orang terdekat.“Kuningan beu” juga memiliki makna akronim dari kata bahagia, estetik dan unik. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kuningan akan merasakan kebahagiaan yang tiada henti atau endless excitement,” tuturnya.

Ia menyebutkan,  bahwa logo dan tagline pariwisata merupakan identitas dan jati diri dari sebuah industri pariwisata, dimana dengan identitas yang ikonik dan definitif sebuah destinasi dapat dikenang dan tertanam dengan indah dalam ingatan. Sehingga setiap orang akan tergerak untuk kembali berkunjung.

“Mengingat logo, tagline serta calendar of event ini sangat strategis bagi pengembangan pariwisata di kuningan, maka dalam kesempatan ini saya mengintruksikan kepada seluruh kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk mendukung secara konkrit dalam implementasi logo  dan tagline serta pelaksanaan calendar of event ini,” katanya.

Pada kesempatan yang sama juga di launching Kampung Sunda yang penandatanganan prasastinya dilakukan oleh Pj Bupati Kuningan serta di saksikan oleh Dandim 0615 Kuningan, Kajari Kuningan, Sekretaris Daerah H Dian Rachmat Yanuar, ketua Pengadilan Agama dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Elon Carlan.

 Sementara itu, calendar of event berisikan 23 agenda yang dirancang untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kuningan, dengan dua di antaranya agenda unggulan yakni Festival Durian yang akan di selenggarakan pada Februari dan Festival Ciremai akan berlangsung Juni.(Emsul)

 

Related Articles

Back to top button