CirebonRaya

DKKC Ajak Generasi Muda Lestarikan Kesenian Daerah

CIREBON-Dewan Kesenian Kabupaten Cirebon (DKKC) terus upayakan kesenian dan kebudayaan daerah bertahan. Salah satunya dengan melakukan inovasi sesuai perkembangan zaman, namun tetap pada pakem yang ada.
Ketua DKKC, H Sulama mengatakan, kesenian dan kebudayaan Kabupaten Cirebon yang relatif banyak memerlukan peran seluruh elemen yang ada untuk terus mempertahankan dan melestarikannya.
“Tentunya kami akan mempertahankan kesenian dan kebudayaan daerah, salah satunya dengan membentuk Pengurus Kecamatan Dewan Kesenian Kabupaten Cirebon (PK DKKC),” katanya, Selasa (16/1/2024).
Sulama menjelaskan, terbentuknya PK harus mampu membangkitkan kesenian dan kebudayaan daerah hingga terkenal di tingkat provinsi hingga nasional.
“Sebagai kepanjangan tangan dari DKKC, PK dapat lakukan inventarisir seni dan budaya yang ada. Kemudian lakukan edukasi para generasi muda, agar tetap lestari,” jelasnya didampingi Bendahara DKKC, Hari Budiman.
Hari memaparkan, tidak sedikit kesenian dan kebudayaan daerah yang hampir bahkan punah. Maka sebagai seniman juga budayawan harus mampu mempertahankan yang ada, agar tetap lestari.
Salah satunya dengan edukasi pada generasi muda dan melakukan inovasi. “Tugas kita sangat berat, namun dengan kerjasama yang baik akan sangat mudah. Termasuk support dari Pemkab sangat dibutuhkan, baik dalam bentuk pagelaran maupun kegiatan lainnya, yang tidak lain tujuan utamanya mempertahankan kesenian dan kebudayaan yang ada,” paparnya.
Pria yang biasa dipanggil Bang Jack ini mengucapkan terima kasih pada Pemkab, khususnya bupati yang telah memperhatikan para seniman dan budayawan, hingga terlaksananya pengukuhan PK. Selain itu, anggaran dapat disupport dari Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK) pada tahun ini.
“Diharapkan, Pemkab dapat mensupport DKKC agar dapat menyaingi Yogyakarta dan Solo yang lebih maju dalam bidang seni juga budaya,” harapnya.(Pra)

Related Articles

Back to top button