CirebonRaya

Stok Darah Menipis, PMI Bakal Sambangi Sekolah dan Kampus

CIREBON-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon yang saat ini membutuhkan stok golongan darah A dan B, mereka bakal sasar dan sambangi sekolah dan kampus yang dinilai lokasi berkumpulnya banyak masa. PMI Kota Cirebon yang kali ini getol jemput bola, bakal bergerak dengan mobile unit PMI ke sekolah maupun kampus di Kota Cirebon. “Untuk saat ini lagi banyak yang di butuhkan adalah golongan darah A dan B. Berharap juga hal ini bisa di share ke masyarakat,” kata Kasi Pencarian dan Pelestarian Donor Darah Sukarela sekaligus Humas PMI Kota Cirebon, Ismail Saleh, Selasa (9/1/2024).

Ismail menyebutkan, meski beberapa hari belakangan ini sempat menipis stoknya, permintaan darah di awal tahun 2024 bisa terpenuhi. Permintaan atau kebutuhan darah fluktuatif, jadi harus ada stok untuk memenuhi permintaan yang sewaktu-waktu ada.

“Program di tahun 2024 untuk memenuhi stok yaitu program Ramadan, Hari Donor Darah Sedunia, dan Program Gebyar Donor Darah di acara HUT Palang Merah Indonesia nanti,” sebutnya.
Sebelumnya, Ismail menjelaskan, kondisi stock pada tahun 2023 masih terbilang aman, permintaan semuanya dapat terpenuhi. “Permintaan semua golongan Darah A, B, O, dan AB semuanya diperlukan masyarakat dan tidak ada kekurangan, semuanya bisa terpenuhi kebutuh darahnya,” jelasnya.
Semua kegiatan mobile unit berjalan lancar dan baik, serta sebagian besar masyarakat Kota Cirebon dan sekitar sudah menjadikan donor darah itu sebagai gaya hidup.
“Di 2024 ini kita tetap berusaha untuk tetap memenuhi stok darah dengan melakukan jemput bola agar tidak mengandalkan yang mendonor di kantor PMI saja,” tutup Ismail.(Jak)

Related Articles

Back to top button