Pendidikan

Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa Laksanakan Bersih-bersih Kelas

CIREBON-Usai libur panjang semester ganjil, siswa siswi kembali bersekolah untuk mengikuti pembelajaran di semester genap di sekolah masing-masing, Senin (8/1/2024). Ruang kelas siswa yang sekitar kurang lebih dua minggu tak terpakai, pada akhirnya dipenuhi debu.
Di hari pertama masuk sekolah, mayoritas siswa melakukan kegiatan bersih-bersih usai melaksanakan apel Senin pagi.
Wakil Kepala SMA Negeri 5 Cirebon bidang Humas, Nuridwan mengatakan, pihaknya sudah menyusun kegiatan siswa di hari pertama masuk sekolah.

“Jauh-jauh hari kami susun kegiatan hari pertama siswa masuk sekolah setelah siswa libur sekolah,” katanya.
Adapun kegiatan di hari pertama masuk sekolah di pagi hari, pukul 07.00 WIB melaksanakan Apel pagi dengan Pembina Bapak Kepala SMA Negeri 5 Cirebon, Iwan Agustiawan. Setelah itu, salah satu terpenting setelah kelas ditinggalkan para siswa liburan, siswa melaksanakan kebersihan dikelas masing-masing.

“Pembiasaan siswa usai libur sekolah dilakukan bersih-bersih kelas. Karena ruang kelas setelah tidak terpakai pasti meninggalkan debu dan lain sebagainya yang harus dibersihkan sebelum aktivitas belajar,” ujar Nuridwan.
Kemudian, Nuridwan menambahkan, pada pukul 08.00 WIB Bapak dan Ibu guru serta Tata Usaha melakukan briefing pagi bertempat di ruang guru. Bagi siswa kelas XII, ada kegiatan Univ Day bertempat di ruang multimedia.

“Ada juga sosialisasi bagi siswa kelas X di ruang guru, rapat guru pengajar kelas XII perihal penilaian yang bertempat di ruang komite, dan jadwal pelajaran semester genap di share di classroom. Itulah kegiatan di hari pertama, para guru dan siswa harus tetap semangat,” imbuhnya.
Sementara itu salah satu guru SMA Negeri 9 Cirebon, Maman menjelaskan hal yang sama. Sebelum melaksanakan pembelajaran, dilakukan apel pagi dan bersih-bersih kelas.”Hari pertama melaksanakan kegiatan bersih-bersih dan belajar seperti biasa,” jelasnya.(Jak)

Related Articles

Back to top button