Ayumajakuning

Gelar Musyawarah Luar Biasa, KMK Harus Jadi Generasi Kreatif dan Tangguh

 

KUNINGAN-Keluarga Mahasiswa Kuningan (KMK) yang menjadi  generasi penuh gagasan kreatif, harus pantang menyerah ketika dihadapkan dengan berbagai permasalahan.

“Kami tidak menghendaki KMK ini menjadi generasi stroberi, buah yang terlihat indah dari luarm namun mudah hancur karena strukturnya relatif lembek,” kata Sekda Kabupaten Kuningan  H Dian Rachmat Yanuar, mengutip pernyataan Rhenald Kasali, ketika memberikan motivasi pengembangan diri mahasiswa  dalam Musyawarah Luar Biasa KMK Bandung Raya, di Ruang Banggar DPRD Kabupaten Kuningan, Sabtu (6/1/2024).

Ia menyampaikan, sebagai mahasiswa harus memiliki karakter yang tangguh, jangan memiliki jiwa yang rapuh, tidak mudah putus asa, memiliki kedisiplinan, keberanian, mengembangkan kemampuan, meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Selain itu, mampu memperluas pergaulan, dan mengasah kemampuan sosial. Termasuk memiliki karakter yang  salah satu caranya bisa terbentuk melalui kegiatan organisasi yang dapat memberikan manfaat.

Menurutnya,  ada empat pesan  penting yang harus disimak dengan baik. Yakni mahasiswa perlu menjaga sikap kritis dengan  memberikan solusi, sambil mempertahankan idealisme. Kemudian mahasiswa diminta untuk memiliki sikap kolaboratif dan membuka jejaring. Karena keberhasilan tidak hanya bergantung pada kemampuan individu, tetapi juga kerja sama.

“Selain itu, keterampilan berkomunikasi yang baik menjadi hal penting dalam menyampaikan gagasan dengan efektif.Termasuk kreatif dan inovasi, dalam dunia yang kini terus berkembang. Kreativitas dan inovasi menjadi daya dorong untuk menciptakan perubahan positif,” katanya.

Dian juga mengingatkan, untuk  menyusun program dan  kegiatan  yang memiliki nilai manfaat bagi anggota maupun  masyarakat, dengan mudah terjangkau tanpa ngawang-ngawang. Sehingga tidak hanya rencana, namun bisa diselenggarakan. Kemudian jangan pernah melupakan Kuningan sebagai “lemah cai” dengan memberikan kontribusi serta terus menuntut ilmu akademis dan aktif berorganisasi,  sebagai modal  dalam membentuk karakter yang kuat.

“Bukan seberapa besar kecilnya kegiatan, namun lebih penting tingkat kemanfaatannya dapat dirasakan,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Musyawarah Luar Biasa KMK Bandung Raya, Muhammad Syam Abdurahman, mengungkapkan, dengan musyawarah ini, akan kembali tersusun kepengurusan baru KMK yang bertujuan  membawa semangat dan perubahan positif. Sehingga diharapkan  dapat memberikan dorongan bagi organisasi ini untuk kembali aktif dan mengalami pertumbuhan yang positif, sesuai tema “Kembali Peran KMK Bandung Raya sebagai Kotalisator yang Solid dan Visioner”.

Menurutnya,  mahasiswa asal Kuningan yang kuliah di Wilayah Bandung Raya  berjumlah ratusan orang. Sehingga sinergitas dengan pemerintah daerah (Pemda) akan terus dibangun.

“Terima kasih Pemda Kuningan sudah memberikan dukungan Sekretariat di Cibiru, Bandung. Begitu juga dengan hadirnya Pak Sekda, bagi kami adalah motivasi untuk generasi muda dalam melakukan sumbangsih bermanfaat untuk oragnisasi dan masyarakat,” katanya.(Emsul)

Related Articles

Back to top button