CirebonRaya

RSUD Arjawinangun Siapkan Tiga Paket Pelayanan Kesehatan

Ruangan MCU Kini Dilengkapi Peralatan Modern

CIREBON- Keberadaan Ruang Medical Check Up (MCU) yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun Kabupaten Cirebon kini lebih representatif.

Pasalnya sejak sekitar sebulan lalu ruang khusus MCU sendiri telah menempati gedung tersendiri, yakni di Gedung Paviliun Soekarno-Hatta.

Pemindahan ruang MCU dilakukan untuk membuat pengunjung atau pasien merasa nyaman ketika melakukan cek up.

Kabid Pelayanan Medis RSUD Arjawinangun, dr Hermansyah mengatakan, keberadaan ruang MCU di RSUD tersebut sudah ada sejak lama. Namun, ruang MCU sengaja ditempatkan di gedung tersebut, karena kondisi ruang MCU sebelumnya sudah sangat crowdit.

Hermansyah mengungkapkan MCU ditempatkan di gedung yang diresmikan pada 2016 silam. Di mana, di dalamnya terdapat poli klinik eksekutif.

“Di ruang poli klinik eksekutif itu kebetulan ruangnya masih luas, jadi kita tempatkan di situ biar nyaman,” ujar Hermansyah, Rabu (13/12)2023).

Ia menjelaskan ruangan tersebut, merupakan ruang perawatan Covid-19 sebagai ruang isolasi. Rencananya, ruang MCU di gedung Paviliun tersebut bakal dikembangkan lagi untuk memperluas pelayanan.

Ia mengatakan, pelayanan yang tersedia di MCU RSUD tersebut cukup lengkap. Dari mulai laboratorium, rontgen, torak, USG hingga pemeriksaan narkoba dan lainnya semua ada.

Sejauh ini, kata Hermansyah, permintaan pemeriksaan kesehatan (rikes) biasanya datang dari anggota DPRD, ASN PPPK, calon haji, siswa dan masyarakat untuk persyaratan.

Menurutnya budaya cek up atas kemauan sendiri sih jarang, kecuali untuk persyaratan kerja dan lainnya. Budaya kita masih seperti itu.

“Ya, ada yang takut, ada yang sayang dana. Padahal, biaya cek up (di MCU RSUD Arjawinangun, red) masih lebih murah karena memakai tarif sesuai Perbup 2009.

Tarif tahun 2009 tersebut terdiri dari tiga paket. Untuk paket 1, biayanya Rp 1.333.000, kemudian paket 2 sebesar Rp 955 000 dan paket 3 sebesar Rp 530 000,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan layanan MCU sesuai kebutuhan. Di mana, biaya MCU yang disesuaikan kebutuhan tersebut di bawah Rp 500 ribu. “Tidak pilih paket juga bisa, disesuaikan dengan kebutuhan mereka,” ungkapnya.(Junaedi)

Related Articles

Back to top button