Ayumajakuning

Sambut Libur Nataru, Jalan Menuju Obyek Wisata di Majalengka Relatif Mulus

 

MAJALENGKA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka memastikan kondisi jalan menuju kawasan wisata dan jalan umum lainnya dalam kondisi baik. Sehingga bisa dilintasi dengan nyaman oleh pengguna jalan yang akan menikmati libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Kepala Bidang Bina Marga Mamat Surahmat mengungkapkan, jalan menuju kawasan wisata hampir seluruhnya telah diperbaiki, terutama menuju obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan seperti Kanaga di Blok Ciinjuk, Desa Cipulus Kecamatan Cikijing. Begitu pula ruas jalan menuju obyek wisata Panyaweuyan di Desa Sukasari Kidul, Teja dan Sukasari Kaler Kecamatan Argapura,  ruas jalan menuju Curug Muara Jaya di Desa Argalingga serta Cipanten dan Cikadongdong yang ada di Kecamatan Sukahaji dan Sindang.

Related Articles

“Pada umumnya kondisi jalan cukup baik, hanya persoalannya ruas jalan sempit terutama menuju obyek wisata Panyaweuyan dari arah Maja. Dari arah Wates kondisi jalan lebar dan relatif mulus,” katanya.

Kemudian ruas jalan menuju obyek wisata Cipanten, di Desa Gunung Kuning atau Cikadongdong yang dikenal dengan wisata river tubbing  dan wisata alam  Situ Pajajar, Talaga Herang dan Curug Cipeuteuy  di Kecamatan Sindang dan Sindangwangi  juga relatif mulus.

“Ke kawasan wisata paralayang di Desa Sidamukti juga bagus,” ujarnya.

Menurutnya, pengunjung yang akan menuju obyek wisata Kanaga, sebaiknya memilih jalan dari arah Cikijing. Karena jika mengambil jalan dari arah Sangiang kondisi jalan sedikit sempit serta ada jalan yang belum diperbaiki serta rawan longsor. Sehingga pengguna jalan yang akan melintas ke ruas jalan tersebut, terutama saat terjadi hujan harus berhati-hati.

Sementara itu, jalan menuju obyek wisata yang belum diperbaiki adalah jalan menuju wisata alam Sadarehe di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh. Ditambah lagi jalan di kawasan ini rawan longsor dan sempit.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten  Majalengka H Eman Suherman menyebutkan, di wilayahnya banyak obyek wisata alam dan wisata buatan yang bisa dikunjungi saat libur Natal dan tahun baru. Sehingga pengunjung bisa menikmati destinasi wisata tersebut sambil menikmati kuliner dan wisata  buah-buahan.

Apalagi di Majalengka saat ini tengah musim durian khas lokal serta mangga yang juga masih musim, kapundung (menteng) yang pusatnya ada di Kecamatan Sindang dan Sindangwangi.

“Mengunjungi kawasan wisata di Kecamatan Sindang dan Sindangwangi bisa sambil menikmati durian. Ketika musim seperti sekarang hampir di setiap tempat terdapat kios durian. Bahkan bisa membeli langsung dari petani setempat,” tuturnya.(Tati)

 

 

 

Related Articles

Back to top button