Pendidikan

Tingkatkan Bidang Keagamaan, SMPN 1 Karangsembung Bangun Masjid

CIREBON-Keberadaan masjid sangat bermanfaat bagi anak sekolah. Salah satunya di SMPN 1 Karangsembung Kabupaten Cirebon, yang saat ini sedang sedang membangun masjid.

Kepala SMPN 1 Karangsembung, Agus Nurdiana mengatakan, pembangunan masjid secara bertahap sedang dilakukan dan saat ini sudah mencapai kisaran 40 persen. “Tergantung dana yang ada dalam membangun masjid sekolah,” katanya, Jumat (30/11/2023).

Agus menjelaskan, untuk pembangunan sejak tahun lalu hingga sekarang bersumber dari dana para alumni dan donatur, tanpa adanya sumbangan dari para siswa.
“Dengan anggaran seadanya, maka pembangunan masjid belum terselesaikan sampai sekarang. Meski demikian, kami optimistis terselesaikan,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan, adanya dukungan dan bantuan dari para donatur untuk menyelesaikan pembangunan masjid di sekolah ini. “Angggaran yang diperlukan, lebih dari satu miliar rupiah. Maka peran serta seluruh pihak sangat diperlukan,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Hj. Nana Kencanawati mengingatkan, agar sekolah tidak memungut pada orang tua siswa untuk pembangunan masjid maupun sejenisnya.

Selain itu, komite sekolah harus berada di tengah. Artinya, satu sisi di pihak sekolah dan sisi lain di pihak siswa. “Komite sekolah bagai dua sisi mata uang. Namun yang utama, tidak memberatkan orang tua siswa dari segi pembiayaan,” ungkapnya.

Politisi Gerindra ini mencontohkan, bila sekolah negeri sudah tidak dapat menampung siswa baru, lebih baik jangan menambah rombel.

“Jika dipaksakan, dapat berimbas pada pembangunan ruang kelas baru dan orang tua siswa akan dibebankan dana partisipasi untuk membangun ruang kelas baru. Selain itu, dengan membatasi jumlah siswa, bisa berbagi siswa dengan sekolah lain,” pungkas Nana.(Pra)

Back to top button