CirebonRaya

Pemilu Kian Dekat, RSUD Arjawinangun Siapkan Ruang Khusus Caleg Gagal Setres

CIREBON-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun menyiapkan puluhan tempat tidur khusus untuk pelayanan kesehatan jiwa. Bahkan RSUD milik pemerintah daerah Kabupaten Cirebon itu juga memiliki klinik jiwa sekaligus ruang perawatan jiwa yang disiapkan untuk masyarakat Kabupaten Cirebon yang gagal menjadi anggofa Legislatif.

“Kami ada sistem terpadu di situ dengan 32 tempat tidur, yang terdiri dari empat tempat tidur di ruang agitasi, tenang dan semi tenang. Dan di IGD juga ada ruang perawatan sementara, ada tempat tidur nya juga,” kata Direktur RSUD Arjawinangun, dr H Bambang Sumardi, Selasa (21/11/2023).

Bambang mengatakan ruangan khusus pelayanan kesehatan jiwa telah disiapkan pihaknya sejak 2014 silam. “Kita melayani kesehatan jiwa sejak lama, dari 2014 lalu,” kata dia.

Related Articles

Saat ditanya setiap momen Pemilu ada peningkatan? Bambang menyatakan, di momen pemilu tidak ada kenaikan signifikan. Justru kalau mendekati lebaran biasanya ada pasien-pasien titipan.

“Kalau musim pemilu sih tidak signifikan. Banyaknya ketika mendekati lebaran. Entah faktor apa,” katanya.

Bambang mengungkapkan di klinik khusus kejiwaan, pihaknya mempunyai dokter khusus jiwa yang selalu standby, juga dibantu dokter-dokter umum yang sudah terlatih.

“Kalau tenaga kesehatan jumlahnya di ruang pelayaan gangguan jiwa ada 20, bisa gasar geser,” kata Bambang.

Bambang menyatakan, RSUD Arjawinangun siap menjadi rumah sakit rujukan pasien gangguan jiwa. Bahkan ia menceritakan, sebelumnya ada, namun tidak lihat status caleg atau bukan, hanya lebih bersifat masyarakat yang membutuhkan.(Junaedi)

Related Articles

Back to top button