Ayumajakuning

Ratusan Desa di Kuningan Peroleh DBH Paret, Menunjang Akselerasi Pembangunan Wilayah

KUNINGAN-Sebanyak 361 desa yang tersebar di 32 kecamatan se-Kabupaten Kuningan memperoleh penyaluran dana bagi hasil pajak dan retribusi (DBH Paret) tahap dua tahun 2023, yang diserahkan secara simbolis,  di Aula bjb Kuningan, Kamis (30/11/2023).

“Penyaluran dana bagi hasil pajak dan retribusi, semula hanya Rp 2.500.000-Rp 10.000.000 per desa. Namun kami selalu berupaya untuk meningkatkan penyaluran dana bagi hasil tersebut. Karena pembagian DBH Paret ini sebagai stimulan, sehingga cukup bermanfaat bagi akselerasi pembangunan di desa,”kata Bupati Kuningan  H Acep Purnama.

Ia menyebutkan,  pembagian dana tersebut bagi seluruh desa dan ke depan akan membuat kebijakan-kebijakan agar dana bagi hasil pajak dan retribusi ini dilaksanakan secara konsekuen dan berkelanjutan. Yakni  sebesar 10% dari perolehan pajak dan retribusi daerah. Sehingga dana bagi hasil pajak dan retribusi yang diterima hingga mencapai  Rp 32.000.000-Rp 201.000.000, untuk setiap desa.

“Mudah-mudahan dana bagi hasil pajak dan retribusi ini dapat dimanfaatkan  sebaik mungkin untuk kemaslahatan bagi masyarakat. Sehingga masing-masing desa  dapat membangun daerah dengan progresif,”katanya.

Menurutnya, dana bagi hasil pajak dan retribusi ini  sangat bergantung dengan kapasitas desa dalam menyumbang realisasi pajak dan retribusi daerah. Sehingga  semakin besar sumbangsih penerimaan pajak daerah dan retribusi dari desa, maka  akan semakin besar pula dana bagi hasil yang  disalurkan itu.

“Kami  berpesan kepada seluruh desa dan seluruh camat, agar dapat terus mendorong peningkatan pajak dan retribusi daerah, demi kelangsungan pembangunan dan peningkatan pelayanan pada masyarakat,” ucapnya.

Ia menyampaikan, Pemkab Kuningan  telah membuat kebijakan pemberian siltap bagi aparatur desa. Sehingga aparat desa ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan mereka. Sekaligus sdapat memberikan menambah semangat serta meningkatkan kinerja bagi seluruh aparatur desa dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Diakhir jabatan kami permohonan maaf atas segala keluputan  dalam memimpin Kuningan. Kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada desa yang terus berupaya melayani masyarakat hingga lapisan bawah, disertai terus berbagai pembangunan di desa. Dalam kesempatan ini kami mohon doa agar senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan untuk dapat senantiasa berjuang dan berbakti,” tuturnya.

Kepala Bappenda Kabupaten Kuningan, Guruh Irawan  Zulkarnaen, didampingi Kepala Bidang Perencanaan Pelayanan dan Pengendalian, Dicky Mahardika, menyebutkan, sebagai bentuk perhatian dan apresiasi Pemda terhadap desa, antara lain  memberikan hadiah motor sebanyak 315 unit kepada desa, untuk menunjang kegiatan dan mobilitas kerja di desa. Sehingga diharapkan aparatur desa dapat lebih responsif dalam bekerja dan melayani masyarakat.

“Apapun  kebijakan yang kami jalankan, tentu sangat bertumpu pada pajak daerah. Sehingga pajak ini harus diupayakan bersama untuk lebih optimal dan lebih prima. Agar dapat mendanai berbagai program dan strategi kebijakan pembangunan Kuningan yang lebih maju,” katanya. (Emsul)

 

Related Articles

Back to top button