Ayumajakuning

Majalengka Tuan Rumah Diseminasi Forsakada Jabar, Peran Staf Ahli Sangat Penting dan Strategis dalam Pemerintahan

 

MAJALENGKA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka menjadi tempat digelarnya Diseminasi Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) se-Jawa Barat (Jabar) 2023, di Convention Hall sebuah hotel di Majalengka Rabu-Jumat  (15-17/11/2023).Kegiatan yang  dihadiri para staf ahli kepala daerah dan Gubernur Jabar ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas staf ahli.

Panitia Penyelenggara Diseminasi Forum Forsakada Jabar, Wawan Sarwanto mengungkapkan kegiatan  ini sebagai wadah silaturahmi dan ajang diskusi antar staf ahli kepala daerah se-Jabar. Kemudian materi yang dibahas di antaranya mengenai isu-isu strategis nasional yang berkaitan dengan  kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Tujan kegiatan ini selain untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas staf ahli kepala faerah, juga sebagai sarana koordinasi dan sharing informasi keselarasan program daerah di Jawa Barat serta pembahasan program agenda kerja rutin Forkada Jawa Barat,” tuturnya.

Staf  Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Setda Kabupaten Majalengka ini berharap, melalui kegiatan Diseminasi Forsakada  akan menciptakan keselarasan dan keterpaduan hubungan kerja antara para staf ahli bupati/walikota dan gubernur di Jawa Barat.

Kemudian  para staf ahli dapat  terus menjalin kerja sama dan berkonsultasi dengan para kepala OPD di daerahnya, untuk mempercepat perwujudan indikator kinerja kepala daerah masing-masing.

Sementara itu, Ketua Forsakada Jawa Barat, Asep C. Cahyadi mengapresiasi Pemkab Majalengka yang telah sukses menggelar kegiatan diseminasi tersebut.

Menurutnya, forum ini digelar tidak hanya di tingkat provinsi namun hingga tingkat nasional. Termasuk pada 2022  Rakernas Forsakada digelar di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

“Forsakada berkontribusi memberikan masukan kepada kepala daerah. Sehingga kebijakan yang dihasilkan daerah bisa berjalan lebih efektif, demi meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” tuturnya.

“Kami dari segenap jajaran FORSAKADA Jawa Barat mengucapkan terimakasih kepada

Ia berharap peran staf ahli di Kabupaten Majalengka dan daerah lainnya dapat lebih berkontribusi bagi kepala daerah, dalam pelaksanaan pembangunan dan roda pemerintahan.

Bupati Majalengka Karna Sobahi mendukung dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan diseminasi Forsakada. Karena peran staf ahli sangat penting dan strategis dalam memberikan masukan kepada kepala daerah bagi suksesnya roda pemerintahan.

“Di Kabupaten Majalengka peran serta kedudukan staf ahli seyogyanya sama pentingnya dengan para kepala OPD. Oleh karena itu untuk menjabat sebagai staf ahli tidak dilakukan secara serta merta langsung ditunjuk, namun prosesnya dilakukan melalui open biding. Sehingga bagi pejabat di birokrasi Pemda Majalengka jangan merasa minder ketika menjabat sebagai staf ahli,” katanya.

Menurutnya, sempat beredar stigma bahwa posisi staf ahli itu kurang begitu strategis. Namun pada kenyataannya berbanding terbalik. Malah justru peran staf ahli sangat penting bagi kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan.(Tati)

 

Related Articles

Back to top button