CirebonRaya

Peluang Kerja, Formasi PPPK di Kabupaten Cirebon Ada 4.017

CIREBON- Kuota calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Cirebon terbanyak di Jawa Barat. Terbukti ada 4.017 formasi yang didapat Kabupaten Cirebon, terbanyak untuk formasi kesehatan, guru dan teknis.

Bupati Cirebon, H Imron Rosyasi mengatakan, kuota formasi bagi calon PPPK yang disediakan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon sebanyak 4.017 untuk berbagai macam posisi penempatan.

“Hari ini ada agenda mengadakan seleksi PPPK, peserta yang daftar sebanyak 6.500 dengan kuota 4.017,” katanya saat memantau pelaksanaan seleksi kompetensi dasar calon PPPK di salah satu hotel di Kecamatan Kedawung, Kamis (16/11/2023).

Imron menjelaskan, setiap hari ada tiga sesi dan dimana setiap sesi ada 400 orang yang mengikuti seleksi.  “Secara umum seharinya ada 1.200 peserta yang mengikuti seleksi. Proses seleksi ini akan berakhir pada tanggal 21 November 2023,” jelas Imron.

Lebih lanjut Imron menandaskan, formasi paling banyak pada penerimaan PPPK kali ini untuk formasi kesehatan dan pendidikan. “Kalau untuk formasi kesehatan ada 2.130, sedangkan formasi pendidikan 1.800, sisanya bidang teknis,” katanya.

Pada seleksi ini, terang Imron, Pemerintah Kabupaten Cirebon hanya melaksanakan. Sedangkan panitia seleksi penerimaan PPPK ini dilakukan oleh BKN. “Kami cuma melaksanakan saja dan panitianya dari BKN,” ucapnya.

Imron menyebut, Kabupaten Cirebon menjadi penyelenggara seleksi kompetensi pegawai ASN tahun 2023 di Jawa Barat.

Menurut Imron, ini sebuah kehormatan dan kesempatan bagi pemda untuk menunjukkan bahwa Kabupaten Cirebon adalah tempat yang aman, nyaman dan ramah terhadap peserta seleksi kompetensi pegawai ASN pada khususnya, maupun warga lain pada umumnya.

“Tujuan dari seleksi kompetensi ini adalah untuk menilai kesesuaian kompetensi yang dimiliki oleh pelamar dengan standardisasi kompetensi jabatan. Sehingga diharapkan nantinya dapat menghasilkan ASN yang berkualitas dan yang terbaik,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Regional III BKN Bandung, Heri Susilowati mengatakan, kesempatan kali ini merupakan seleksi kompetensi dasar bagi calon PPPK.

Menurutnya, waktu yang diberikan dalam pelaksanaan seleksi peserta diberi waktu 130 menit dengan jumlah soal sebanyak 145.

Ia menyebut, jumlah peserta calon PPPK di Kabupaten Cirebon terbilang luar biasa, karena terbanyak di wilayah Jawa Barat. “Jumlah peserta di Kabupaten Cirebon se-kabupaten/kota di Jawa Barat paling banyak jumlahnya,” tambahnya.(Iwan)

Related Articles

Back to top button