CirebonRaya

Waspada! Cacar Monyet Mulai Menyebar ke Kabupaten Cirebon, Satu Warga Positif

CIREBON- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon menyatakan, ada satu warga di wilayahnya terpapar cacar monyet (monkeypox).

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hj. Neneng Hasanah mengatakan, pada Jumat kemarin, pihaknya menerima laporan dari survailance dari Kota Cirebon yang menginformasikan ada satu orang warga Kabupaten Cirebon yang diduga terkena cacar monyet.

“Usai mendapatkan laporan, pihaknya langsung melakukan penyidikan epidemologi dan melakukan uji sampel. Hasilnya Jumat malam sampel tersebut dinyatakan positif cacar monyet,” katanya di Sumber, Senin (13/11/2023).

Ia menjelaskan, warga yang terpapar cacar monyet melakukan  kontak erat dengan tiga orang. Namum ketiga orang tersebut tidak ada gejalah apa pun.

Neneng mengungkapkan, saat ini warga yang terpapar cacar monyet tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya, karena kondisi tubuhnya bagus.

Namun, lanjut Neneng, pada tanggal 25 Oktober kemarin ada gejalah mulai dari riwayat demam, nyeri persendian dan ada benjolan sekitar wajah, tangan, punggung berjumlah 15-26.

“Tertularnya pasien masih dalam penyidikan, pekerjaan yang bersangkutan freelance. Ada riwayat perjalanan Bekasi dan Subang,” kata Neneng.

Menurut Neneng, penyakit ini (monkeypox) menular, namun dapat dilakukan pencegahan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). “Karena cacar monyet ini disebabkan oleh virus ya, jadi kondisi tubuhnya harus bagus dan PHBS ditingkatkan. Insya Allah tidak akan terkena,” sebut Neneng.

Disinggung kesiapan menghadapi lonjakan kasus, pihaknya sudah mengantisipasi dan belajar dari kasus Covid. “Kita memiliki 12 rumah sakit. InsyaA llah semua sudah siap,” kata Neneng.

Upaya yang telah dilakukan untuk mencegahnya, pihaknya sudah melakukan sosialisasi pada masyarakat melalui Diskominfo dan 60 puskesmas serta 12 rumah sakit dan menyebarkan surat edaran tentang kewaspadaan.

“Cacar monyet ini penularannya tidak seperti Covid. Hanya melalui kontak erat atau melalui hubungan seksual,” imbuhnya.(Iwan)

 

Related Articles

Back to top button