Ayumajakuning

Suguhkan Berbagai Potensi Menarik, Porpemda Jabar Akan Dongkrak Ekonomi dan Pariwisata Kuningan

 

KUNINGAN-Pelaksanaan Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) ke-XV Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan mendongkrak potensi ekonomi dan pariwisata Kabupaten Kuningan.

Sebagai  tuan rumah, Kabupaten Kuningan akan kedatangan tamu peserta dari 27 kabupaten/kota ditambah kontingen Pemerintah Provinsi Jabar, pada even yang akan berlangsung  25-29 November 2023.

Ketua Dewan Pengurus (DP) Korpri Kabupaten Kuningan, H. Dian Rachmat Yanuar, mengemukakan  Kuningan dipercaya kembali menjadi tuan rumah setelah sebelumnya menyelenggarakan Porpemda pada 2012. Padahal biasanya, daerah lain harus menunggu 27 tahun sebelum kembali menjadi tuan rumah. Namun Kuningan mendapat kesempatan lebih cepat, karena dinilai memiliki persiapan yang baik dan kesuksesan dalam penyelenggaraan sebelumnya.

“Kepuasan penyelenggaraan sebelumnya terlihat dari antusiasme masyarakat dan kesuksesan acara. Sehingga Porpemda di Kuningan dianggap paling berkesan dan meriah. Karena  itu, pentingnya dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat untuk membuat acara ini kembali sukses dalam pelaksanaan sebagai tuan rumah, selama pertandingan dan kesiapan sarana dan prasana serta dalam pelayanan,”  katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan ini  menyampaikan,  pentingnya persiapan dari berbagai pihak terkait, seperti kepanitiaan lokal, pengelola venue, keamanan, sektor pariwisata dan lainnya untuk memberikan kesan terbaik kepada para tamu. Sehingga dirinya meyakini pesona alam dan potensi pariwisata Kuningan, yang didukung dengan suasana nyaman dan aman, akan meninggalkan kesan mendalam bagi seluruh kontingen yang hadir.Kemudian mendorong mereka untuk kembali dan membawa serta keluarga, kerabat  atau kenalannya.

Menurutnya, dalam konteks ekonomi,  penyelenggaraan Porpemda di Kuningan akan memberikan lonjakan signifikan pada perputaran ekonomi setempat. Karena sekitar 7.000-8.000 orang peserta dan pendukung  dari 28 kontingen  diperkirakan akan hadir. Mereka  akan menginap di berbagai hotel dan berpotensi untuk menikmati berbagai daya tarik wisata dan kuliner. Sehingga dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Dian mengatakan, kegiatan ini merupakan keberuntungan bagi Kuningan. Karena bukan hanya membawa dampak positif dalam penghargaan, kepercayaan dan promosi bagi daerah, tetapi juga dari sektor ekonomi dan potensi pengembangan pariwisata. Sebelumnya, pihak panitia sempat mengundang seumlah pengusaha  hotel, kuliner maupun pelaku ekonomi, UMKM dan lainnya untuk memberikan layanan sesuai kebutuhan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Porpemda XV Jabar Beni Prihayatno, menyebutkan,  jumlah peserta yang sudah masuk pendaftaran mencapai 1.935 orang, yang  terdiri dari manajer, atlet, pelatih dan ofisial. Sedangkan masa pendaftaran bagi  peserta masih tetap berlangsung.

Ia mengatakan,  ada hal yang menarik pada acara pembukaan Porpemda,  yang akan dilaksanakan Minggu (26/11/2023) di  Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan, dengan menyuguhkan pagelaran Tari Kolosal Porpemda yang sarat dengan makna, yang menghadirkan 248 penari dari berbagai sekolah.

“Dengan mengkolaborasikan  tari  jaipong, tari pergaulan, tari topeng, tari merak, tari buyung, tari payung, tarian umbul-umbul dan tarian gugunungan,” ujarnya.

Kemudian untuk kemudahan menuju lokasi venue, lanjutnya, telah disediakan sekilas gambaran Google Maps 15 venue pertandingan Porpemda XV Jawa Barat, yang diawali Maps Pendopo Kuningan.(Emsul)

 

Related Articles

Back to top button