Ayumajakuning

Masuki Pancaroba, Waspada Tiba-tiba Hujan Disertai Angin Kencang Landa Ciayumajakuning

MAJALENGKA- Badan Meteoroligi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Statsiun Jatiwangi mengeluarkan imbauan bagi masyarakat Cicebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan serta Sumedang dalam menghadapi pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim penghujan.

Menurut keterangan Plt Kepala BMKG Jatiwangi dan Kertajati, Ahmad Faiz Zyin, di masa pancaroba yang terjadi pada awal November, bisa terjadi hujan secara tiba–tiba disertai angin kencang dan petir, pada sore hari dan malam hari.

“Untuk musim penghujan di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan serta Sumedang berdasarkan prakiraan akan terjadi pada pertengahan November bulan ini,” ungkapnya, kemarin.

Saat memasuki musim penghujan, dia pun meminta kewaspadaan masyarakat munculnya cuaca ekstrem. Akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir, terutama di wilayah Majalengka bagian selatan.

Pihaknya juga minta mewaspadai adanya tanah longsor juga pohon tumbang, sedangkan untuk wilayah Majalengka bagian utara waspada kemungkinan terjadinya banjir. Karenanya, perbaikan saluran air sudah mulai dilakukan dan ditata sejak awal untuk meminimalisasi penyumbatan air.

Memasuki musim penghujan, suhu udara di wilayah Ciayumajakuning serta Sumedang akan berangsur turun antara 36 derajat celsius hingga 37 derajat celsius.

Sementara itu, di wilayah Majalengka saat ini di beberapa wilayah sudah pernah turun hujan, namun di wilayah lainnya belum. Sehingga cuaca panas dan kesulitan air bersih masih terus terjadi.

Sementara itu, pada Rabu (8/11/2023), BMKG meminta kewaspadaan akan potensi hujan yang dapat disertai kilatan petir serta angin kencang yang dapat terjadi di siang hari hingga sore hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi.

Sedangkan pada malam menjelang dini hari hujan disertai petir  terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Karawang, Indramayu dan Kabupaten Cirebon.

Esok harinya potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi pada siang hari hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Purwakarta, Subang, Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Garut, Indramayu dan Kabupaten Cirebon.(Tati)

 

Related Articles

Back to top button