Pemilu

Logistik Pemilu Mulai Berdatangan di Gudang KPU Kota Cirebon

CIREBON- Logistik Pemilu 2024 mulai berdatangan, seperti tinta, segel kertas, bilik suara dan kotak suara di gudang KPU Kelurahan Pegambiran Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon, Selasa (7/11/2023).

KPU yang sebelumnya menerima tinta, saat ini KPU menerima bilik suara dan kotak suara. Ada pun logistik pemilu yang sudah datang seperti kotak suara sebanyak 5.130 plus 10 kotak cadangan, bilik suara sebanyak 4.104, tinta 2.052 plus 10, dan segel kertas sebanyak 98.578.

Divisi Teknis KPU Kota Cirebon, Sanubi mengatakan, pada saat penurunan kotak suara satu kontainer, masih ada satu kontainer dalam perjalanan. “Total yang dibutuhkan segitu. Yang sudah diterima di tahap pertama KPU ada segel, tinta, bilik suara dan kotak suara,” katanya.

Terkait keamanan gudang, menurut Sanubi, ada pihak kepolisian yang berjaga, unsur KPU, maupun CCTV. “Insya Allah aman. Luas gudang sekitar 1.200,” tuturnya.

Dengan datangnya sebagian logistik Pemilu 2024 ini, masih ada beberapa yang belum datang. Seperti segel plastik, surat suara dan itu mungkin di tahap kedua. “Tanggal 10 itu baru masuk percetakan. Ini semua dari pengadaan penyedia KPU RI,” ujar Sanubi.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Cirebon, Fajri menuturkan, pihaknya datang ke gudang logistik KPU untuk melakukan pengawasan terhadap salah satu tahapan penting dalam persiapan Pemilu 2024, yaitu proses penerimaan logistik. Dalam hal ini, KPU Kota Cirebon sekarang ini  menerima kotak suara sebanyak 5.130, kemudian bilik suara 4.104. “Khusus untuk surat suara itu ada tambahan 10 untuk Kota Cirebon, jadi totalnya 5.140,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Fajri menambahkan, Bawaslu Kota Cirebon melakukan pengawasan terhadap seluruh rangkaian terkait persiapan pemilu. Salah satunya, penerimaan logistik. “Kami juga tidak hanya melakukan pengawasan pada tahapan  penerimaan logistik, melainkan pada tahapan-tahapan berikutnya. Setelah ini ada perakitan dan lain sebagainya sampai nanti pendistribusian ke titik TPS jelang Pemilu 2024. Kita juga ingin memastikan titik penyimpanan logistik di gudang itu aman,” tambahnya.(Jaka)

 

Related Articles

Back to top button