Saba Desa

Bersyukur Hasil Laut, Gebangkulon Adakan Nadran

CIREBON-Petani padi bersama Pemerintah Desa Gebangkulon Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, mengadakan sedekah bumi.

Berbagai kegiatan diadakan dalam acara tersebut antara lain, karnaval, tasyakuran dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Kuwu Gebangkulon Andi Subandi mengatakan, sebagai desa yang memiliki tradisi nadran dan sedekah bumi maka setiap tahun diadakan dua agenda tersebut.
“Belum lama ini, kami mengadakan tradisi sedekah laut atau nadran dan saat ini, tradisi sedekah bumi,” katanya, Senin (30/10/2023).

Andi menjelaskan, tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah Swt atas nikmat dan karunianya, selain itu untuk memanjatkan doa, agar selalu diberi keselamatan dan dijauhkan dari segala macam bencana. “Acara sedekah bumi ini menjadi magnet yang menarik banyak pengunjung untuk datang, sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat setempat, terlebih pelaku UMKM,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan, dengan digelarnya sedekah bumi ini mendapatkan keberkahan bagi seluruh masyarakat desa. “Alhamdulillah, semua prosesi ritual sedekah bumi berjalan lancar dan terimakasih pada semua pihak yang sudah menyukseskan kegiatan ini,” pungkas Andi.(Pra)

Back to top button