Finansial

Di Tangan Sudarman, Tanah Kering di Argasunya Diolah Jadi Lahan Subur

CIREBON-Sudarman, salah satu warga Kabupaten Indramayu memanfaatkan lahan kering di wilayah Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon menjadi lahan basah yang bermanfaat.

Diketahui, sebagian wilayah Argasunya saat ini sedang dilanda kesulitan air. Sudah lama wilayah tersebut sebagian warganya hanya mengandalkan bantuan air.
Di tangan Sudarman, tanah kering tersebut kini berhasil menjadi lahan basah yang ditanami tanaman hijau seperti kangkung dan lain sebagainya.
Tanaman tersebut, tumbuh hijau dan subur. Krisis kekeringan dampak kemarau panjang, Sudarman tak patah arang. Sebagian lahan persawahan yang kering yang ia sewa, kini dapat bermanfaat.
“Alhamdulillah tanaman kangkung, terong, tomat dan lain-lain bisa tumbuh subur. Mesin pompa air menyedot dari sungai, kemudian dialirkan sore atau pagi dengan selang besar,” kata Sudarman.

Sudarman mengaku, sawah yang luasnya sekitar satu hektar tersebut baru dua bulan ia sewa. “Cuma berusaha saja, hasilnya sangat bisa dirasakan. Air disini memang cukup sulit,” ujar Sudarman.

Sudarman menjelaskan, warga melakukan penyedotan air dari sungai tiga hari sekali. “Ya Alhamdulillah tanaman-tanaman yang saya tanam bisa tumbuh subur dan hijau,” jelasnya.(Jak)

Related Articles

Back to top button