Finansial

Stabilkan Harga Kebutuhan, Pemkab Cirebon Gelar Gebyar Pangan Murah

CIREBON-Pemerintah Kabupaten Cirebon, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan kembali mengelar Gerakan Pangan Murah di halaman Kantor Samsat Sumber, Senin (16/10/2023).

Kagiatan Gerakan Pangan Murah tersebut dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) serta menekan angka Inflasi di Kabupaten Cirebon.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Cirebon, Hafid Iswahyudi mengatakan kegiatan Gerakan Pangan Murah ini sebagai langkah pemerintah dalam pengendalian Inflasi dalam rangka kenaikan harga kebutuhan pokok.

“Kami (Pemkab,Red) bekerjasama dengan steakholder menyediakan bahan kebutuhan pokok masyarakat. Semoga dengan adanya kegiatan Gebyar Pangan Murah ini dalam membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat jangan panik ketika ada kenaikan harga kebutuhan pokok. Pasalnya Pemerintah Kabupaten Cirebon selalu memantau harga kebutuhan pokok di pasar.

“Ketika ada kenaikan, Pemkab Cirebon melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan akan melakukan operasi pasar untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok,” kata Hafid.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana mengatakan Gebyar Pangan Murah ini merupakan program dari Bapenas dalam rangka Hari Pangan Sedunia. Menurut Erus kegiatan ini merupakan sinegritas kolaborasi program bersama semua unsur terkait

“Pemkab Cirebon melakukan kolaborasi dengan Bank Indonesia, RNI, Bulog Cirebon dan lainnya pada Gebyar Pangan Murah ini,” katanya.

Erus mengungkapkan pihaknya juga mengandengan Patriot Desa untuk ikut berperan pada kegiatan ini. “Patriot Desa kita libatkan untuk UMKMnya, jadi semua masyarakat selain berbelanja kebutuhan pokok ada juga produk UMKM yang di jajakan di Gebyar Pangan Murah ini,” ungkap Erus.

Disinggung terkait lokasi acara Samsat Sumber, Erus mengatakan, Samsat Sumber merupakan layanan masyarakat. Di mana semua orang berkumpul untuk melakukan transaksi pembayaran pajak dan sebagainya.

“Sasaran Gebyar Pangan Murah ini yakni para masyarakat yang sedang mengurus pajak di Samsat Sumber dan Masyarakat di sekitaran Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon,” katanya.(Junaedi)

Related Articles

Back to top button