Ayumajakuning

Dari Pertamina untuk Majalengka, Gedung Serbaguna Ini Jadi Sumber Motivasi dan Inspirasi

Oleh Jejep Falahul Alam

DI tengah gemuruh mesin-mesin konstruksi yang menggema, sebuah pemandangan mencolok tertuju pada Tower Crane yang menjulang tinggi di langit biru. Alat ini hadir membantu para pekerja untuk mengangkat dan memindahkan beban berat dengan mudah dan aman.

Berkat alat ini pula mampu mengangkat dan memindahkan alat-alat material dengan akurasi yang tinggi, dan memastikan setiap komponen bangunan ditempatkan dengan tepat.

Tak hanya itu, para pekerja pun lengkap mengenakan pakaian Alat Pelindung Diri (APD), sesuai dengan Standardisasi Operating Procedure (SOP) dan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) Proyek Kontruksi. Mereka begitu bersemangat dalam bekerja dan mengoperasikan alat-alat berat yang digunakan dalam membangun gedung megah ini.

Itulah gambaran suasana di lokasi proyek pembangunan gedung serbaguna bertaraf internasional yang dibangun PT Pertamina (Persero), bekerja sama dengan Pemkab Majalengka Provinsi Jawa Barat, melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR). Pembangunan infrastruktur itu terlihat sudah hampir rampung 60 persen.

“Kalau peletakan batu pertama gedung ini, dilaksanakan pada pertengahan Juli 2023 lalu dan ditargetkan rampung pada akhir Desember 2023 ini. Bahkan setelah selesai dibangun, gedung ini akan langsung dipergunakan kejuaran event olahraga nasional,” kata salah seorang pekerja proyek PT PP (Persero), Wawan, saat ditemui di lokasi pembangunan, Senin 16 Oktober 2023.

Terpisah, Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero), Emma Sri Martini mengatakan, perhatian besar PT Pertamina terhadap bidang olahraga diharapkan bukan hanya menjadi sebuah gedung, namun menjadi sumber motivasi untuk mengukir prestasi olahraga yang gemilang dan menghidupkan perekonomian warga Majalengka.

Apalagi PT Pertamina membantu pembangunan Gedung Serbaguna GGM ini dengan anggaran Rp 75 miliar, melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Program ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam mendukung pengembangan olahraga, sosial dan budaya serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Gedung ini juga dirancang sebagai Gelanggang Tipe-B, yang akan menyediakan fasilitas untuk 7 cabang olahraga dan dapat digunakan untuk event nasional,” ucap Emma usai usai menggelar Groundbreaking pembangunan Gedung Serba Guna di Majalengka, Jumat, 14 Juli 2023 lalu.

Nantinya begitu selesai, lanjut dia, gedung ini akan menjadi pusat kegiatan olahraga dengan fasilitas untuk berbagai cabang olahraga. Di antaranya bola voli, basket, futsal, sepak takraw, bulu tangkis, pencak silat, dan olahraga panjat tebing. Selain menjadi gedung olahraga, gedung ini juga desain untuk memberikan ruang kepada pelaku UMKM dan kegiatan sosial-budaya lainnya.

Kontribusi Pertamina

Sementara itu, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan, bantuan pembangunan gedung serbaga guna melalui program TJSL ini merupakan dukungan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Harapannya, program TJSL ini memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Majalengka dan mendukung para atlet dalam meraih prestasi di semua cabang olahraga.

Di bagian lain, seluruh program TJSL Pertamina telah berjalan dengan baik. Bahkan program ini telah menjangkau lebih dari 17.000 ibu dan anak (kesehatan), 14.000 UMKM perempuan (kemandirian), 12.000 Kepala Keluarga (pangan sosial), berhasil menyerap hingga 4.000 tenaga kerja, memberdayakan 2.600 petani dan nelayan serta 500 lebih sahabat disabilitas dan 1.500 pelajar (pendidikan).

“Kalau program TJSL secara nasional, Pertamina telah membangun 360 rumah layak huni dan meningkatkan akses air bersih dan sanitasi bagi 1.476 jiwa. Tak hanya itu, Pertamina juga telah menjalankan 34 Program Pertamina Sehati (Pertamina Sehat Anak Ibu Tercinta) untuk perbaikan gizi anak dan pencegahan stunting. Hingga saat ini telah terbentuk sekitar 29.630 orang kader kesehatan, 103 posyandu pelayanan kesehatan dan 495 penerima manfaat perbaikan gizi bayi dan balita,” tuturnya dia di tempat yang sama.

Dia menambhakan, PT Pertamina belum lama ini telah meraih penghargaan Indonesia Best TJSL Awards 2023 with Outstanding Program in Increasing Community Economic Independence dalam Kategori Energy, Oil and Gas Industry. Apresiasi ini mencerminkan kontribusi Pertamina dalam peningkatan ekonomi masyarakat melalui program TJSL yang melibatkan masyarakat.

Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Sementara itu, dengan raut wajah penuh sumringah Bupati Majalengka H Sobahi Sobahi berulang kali mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina atas sumbangan CSR yang luar biasa ini. Sebab pembangunan Gedung Serba Guna di GGM  Majalengka ini, tak hanya sekadar sebuah gedung semata.

Ini adalah gelanggang tipe B yang akan menjadi pusat kegiatan olahraga nasional. Dengan memiliki 7 cabang olahraga indoor termasuk basket, bola voli, bulu tangkis, dan tenis, serta ruang serba guna yang bisa digunakan untuk resepsi dan acara-acara istimewa lainnya.

“Ini pertama kalinya Kabupaten Majalengka menerima bantuan sebesar ini. Gedung ini akan menjadi kebanggaan warga Majalengka dan akan memberikan motivasi besar untuk prestasi olahraga di Majalengka,” kata Karna dengan wajah berseri-seri dengan penuh bangga.

Ketua Komite Olah Raga Nasional (KONI) Majalengka, Bakti Anugerah mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina dan Pemkab Majalengka yang telah membangun gedung serbaga guna di Majalengka.

Menurut dia, olahraga bukan hanya menjanjikan kesehatan fisik dan mental, tapi juga membawa dampak positif yang signifikan pada perekonomian warga. “Melalui kegiatan olahraga, peluang ekonomi baru bermunculan dan menghasilkan arus pendapatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata dia yang dihubungi terpisah.***

 

Related Articles

Back to top button