CirebonRaya

Kadisdik Jabar : Sistem Pelaksanaan PPDB Akan Terus Dievaluasi

CIREBON-Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya memberikan pembinaan kepada seluruh Kepala SMAN/SMKN/SLBN di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) wilayah X Jabar yang digelar di SMKN 1 Kedawung Kabupaten Cirebon, Rabu (11/10/2023).

Puluhan Kepala SMAN/SMKN/SLBN yang berasal dari sejumlah sekolah di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kuningan yang mengikutinya dengan antusias juga dihadiri Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah X Jabar, H Ambar Triwidodo.

“Sebenarnya ini intinya silaturahmi dengan kepala sekolah, KCD, dan yang lainnya. Juga silaturahmi dengan guru-guru SMKN Kedawung,” kata Wahyu Mijaya, Kamis (11/10/2023).

Selain itu, pihaknya juga mengevaluasi berbagai capaian-capaian Jabar. Mana yang rendah, mana yang sudah tinggi dan lain-lain. “Dari semua evaluasi yang sudah kami lakukan mudah-mudahan yang baiknya terus kita pertahankan, yang kurangnya bisa kita optimalkan. Itulah yang kita lakukan,” ujar Wahyu.

Melihat di Raport pendidikan, posisi Jabar seperti apa dan di KCD X juga seperti apa karena menurut Wahyu, varian Raport pendidikan banyak. “Itu yang kita lihat kan, mana yang sudah bagus dan mana yang belum. Juga, belajar ID misalnya, posisi kita seperti apa. Posisi anggaran seperti apa, itulah yang kita lihat kan,” tuturnya.

Terkait evaluasi pelaksanaan PPDB 2023/2024, Wahyu menjelaskan bahwa pihaknya memang tidak secara langsung, namun berjenjang. Namun, sekarang ia lebih berproses kepada progres ke depan yang diminta atau yang dijadikan oleh Kemendikbud ristek.

“Ada indikator-indikator yang memang harus kita penuhi. Ada yang sudah tinggi dan ada yang masih rendah,” jelasnya.

Akan tetapi, di KCD X juga seperti contohnya adalah Literasi dan Numerasi. Ada beberapa sekolah dengan Literasi tinggi, begitupun Numerasi. “Varian evaluasinya memang banyak,” tutup Wahyu.(Jak)

Related Articles

Back to top button