CirebonRaya

SMPN 1 Sumber Gelar Kegiatan P5, Ronianto: Memberikan Ruang Kreatifitas pada Siswa

CIREBON-Para siswa SMP Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon melaksanakan Panen Raya dan Pentas Seni saat acara Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah setempat, Jumat (6/10/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H. Ronianto mengatakan kegiatan P5 ini wajib di Kurikulun Merdeka. Pasalnya para siswa akan memberikan ruang kreatifitas.

” Kegiatan wajib di kulikulum merdeka dimana didalam kurikulum merdeka memberikan ruang seluas luasnya untuk kreatifitas, bakat dan minat anak untuk di kembangkan dengan P5,” katanya.

Ronianto mengungkapkan dengan adanya kegiatan P5, siswa yang akan mengekpresikan keahliannya baik itu seni dan budaya serta yang lainnya. “Mereka akan (siswa,Red) juga bisa tampil di ajang yang mereka lombakan, sebab kegiatan P5 ini bisa mengapresiasi yang lainnya baik itu minat seperti semasak, seni dan budaya semua akan terkumpul di P5 ini,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMPN 1 Sumber, H. Dididn Jaenudin mengatakan dengan adanya kegiatan P5 ini, diharapkan para siswa paham berwirausaha. Pasalnya para siswa harus menyiapkan segala sesuatu sebelum di pamerkan.

“Karena ini program wajib di Kurikulum Merdeka. Kenapa kewirausaha? Karena diwirausaha ini tidak hanya mengembangkan hasil karya saja, melainkan anak menyiapkan mulai dari bahan dan lainny,” katanya.

Didin menjelaskan kini para siswa yang memgikuti kegiatak P5 ini, mau tidak mau akan pergi ke pasar tradisional untuk membelo bahan yang akan diolah dan di jual.

“Zaman dulu, siswa ke pasar itu hal yang biasa, tetapi zaman sekarang siswa itu susah, tetapi dengan adanya P5 ini mereka mau tidak mau pasti ke pasar untuk membeli dan disitu mereka tau namanya tawar menawar,” katanya.

Lebih lanjut, kata Didij kegiatan P5 melibatkan semua siwa yang ada di SMPN 1 Sumber. ” Kalau untuk kelas 9 itu kurikulum 13 jadi beda sehingga kita siapkan panggung untuk mereka pentas seni, kalau kelas 7 dan 8 mereka berwirausaha, sehingga ada dua acara di satu kegiatan. Dan antusiasme siswa cukup tinggi di kegiatan P5 ini,” katanya.(Junaedi)

Back to top button