Pendidikan

Dapat Hibah Sarana dari Yayasan Kosgoro, SDN 17 Kuningan Siap Berbenah Tingkatkan Prestasi Pendidikan

 

KUNINGAN-Keluarga besar SDN 17 Kuningan kini merasa lega dan bahagia dengan pemberian hibah tanah dan bangunan bekas SMA Kosgoro dari Yayasan Kosgoro, melalui penandatanganan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan, untuk digunakan bagi kegiatan pendidikan SDN 17 Kuningan.

“Alhamdulillah, orang tua siswa dan masyarakat sekitar lebih yakin dan tidak ragu-ragu lagi bahwa sekolah ini secara resmi dan sah menempati lahan dan bangunan yang dihibahkan dari Yayasan Kosgoro, melalui Pemda Kuningan diperuntukan bagi kemajuan pendidikan di SDN 17 Kuningan ini,”  kata Kepala SDN 17 Kuningan, Agus Susanto, Rabu (20/9/2023).

Menurutnya,  seluruh warga sekolah akan berbenah dalam memenuhi kebutuhan sekolah dalam upaya peningkatan prestasi pendidikan. Apalagi sekolah ini memiliki  600 siswa lebih untuk dapat memperoleh layanan pendidikan berkualitas. Sehingga kondisi sekolah yang aman dan nyaman diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan serta menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Kuningan.

“Insya Allah, kami beserta teman-teman guru, TU dan komite sekolah saling bahu membahu dalam rangka memajukan dunia pendidikan di SDN 17 Kuningan. Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap sekolah akan semakin tinggi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kosgoro Kabupaten Kuningan, Memet Moh Rahmat, mengungkapkan, SMA Kosgoro didirikan pada 21 Januari 1976, dalam rangka berpartisipasi kepada pemerintah di bidang pendidikan jenjang SMA. Karena pada saat itu dengan keterbatasan sekolah di Kabupaten Kuningan sehingga tidak bisa menampung siswa, maka Yayasan Kosgoro mendirikan SMA Kosgoro dan menjadi sekolah terbesar dengan menampung 1.000 orang lebih siswa.

“Meski saat ini SMA Kosgoro tidak dapat melanjutkan proses kegiatan belajar dan mengajar, kami dari yayasan tetap ingin membantu dan berkontribusi untuk pemerintah dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Kuningan. Salah satunya aset yang masih tersisa adalah bangunan dan tanah, yang akan kami hibahkan kepada pemerintah daerah (Pemda) dan dijadikan SDN 17 Kuningan. Tanah dan bangunan tersebut untuk dipakai selamanya dan dimanfaatkan pada kegiatan bidang pendidikan,” tuturnya.

Bupati Kuningan H Acep Purnama,  merasa terharu dengan kepedulian Yayasan Kosgoro  terhadap pendidikan di Kabupaten Kuningan. Sehingga  menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Yayasan Kosgoro  yang sudah ikhlas menghibahkan tanah dan bangunan bekas SMA Kosgoro kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan, untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam melaksanakan proses pendidikan SDN 17 Kuningan.

“Jauh sebelum hibah ini sempat  dibicarakan dan diawali  semasa Pak H Unung (alm), salah satu pendiri SMA Kosgoro itu  tidak dimungkinkan untuk melanjutkannya. Maka beliau dengan niat yang baik untuk menghibahkan tanah dan bangunan kepada Pemkab Kuningan dengan dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan. Maka dari  niat yang baik ini,  Alhamdulillah Pemda merelokasi SDN 17 Kuningan ke gedung bekas SMA Kosgoro yang fasilitasnya jauh lebih baik,” katanya.(Emsul)

 

 

 

Related Articles

Back to top button