Ayumajakuning

Gelar Latihan Dalmas, Personel Sat Samapta Didorong Tingkatkan Profesionalitas Bertugas

 

MAJALENGKA-Satuan (Sat) Samapta Polres Majalengka menggelar latihan pengendalian massa (dalmas) di Lapangan Mapolres, Senin (18/9/2023). Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota Satuan Samapta.

Kasat Samapta Polres Majalengka Ajun Komisaris Polisi (AKP) Adam R Hidayat mengungkapkan, latihan  dalmas yang dilakukan Sat Samapta merupakan bagian dari upaya untuk memastikan kesiapan kemampuan anggota Sat Samapta menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

Menurutnya, latihan dalmas melibatkan sejumlah personel Sat Samapta yang dipimpin oleh perwira berpengalaman.Mereka diberikan pengetahuan dan keterampilan khusus terkait tugas dan tanggung jawab Dalmas Polri, termasuk teknik pengendalian massa, taktik, strategi dan protokol yang harus diikuti dalam menghadapi situasi massa.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan serius dan penuh disiplin, dimulai dari pemaparan teori hingga praktik lapangan yang simulatif,” katanya.

Ia menyampaikan, latihan ini dilaksanakan untuk mengasah keterampilan anggota dalam mengendalikan kerumunan massa dengan taktik yang tepat dan profesional, sambil tetap memprioritaskan keamanan dan hak asasi manusia.

Adam mengemukakan pentingnya latihan dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme anggota Sat Samapta.  Termasuk kedisiplinan dan pengetahuan tentang aturan dan etika dalam pengendalian massa.

“Dalam menghadapi situasi sosial yang dinamis, anggota Sat Samapta harus memiliki keterampilan khusus yang dapat diterapkan dengan tepat sesuai dengan situasi yang dihadapi,” tuturnya.

Ia berharap latihan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam membentuk pola pikir dan tindakan yang bijak bagi anggota Sat Samapta Polres Majalengka. Sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik dalam menjalankan tugas di lapangan, khususnya dalam mengendalikan kerumunan massa dengan aman dan tertib.

“Kami berharap melalui latihan ini, anggota Sat Samapta Polres Majalengka dapat semakin siap dan mampu bertindak dengan profesional dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat,” katanya.(Tati)

 

Related Articles

Back to top button