CirebonRaya

Terbukti Minta Uang dari Calon Kuwu, Panpilwu Bakal Dikenakan Sanksi

CIREBON – Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak yang diselenggarakan Oktober mendatang, akan memasuki tahapan pengundian nomor urut dan penetapan menjadi calon kuwu (calwu) sekaligus penyerahan berkas visi dan misi.

Dalam perhelatan akbar tersebut, panitia Pilwu harus bekerja ekstra keras untuk mensukseskan Pilwu dengan didukung seluruh pihak, termasuk masyarakat dan calwu itu sendiri. Akan tetapi, ada aturan dan mekanisme yang perlu diperhatikan Panpilwu. Salah satunya, adanya larangan untuk meminta uang pada calwu. Bila melanggar, sanksi tegas menanti.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Diah Irwany Indriyati, Panitia Pilwu harus semampu mungkin dalam mengelola anggaran yang ada, demi suksesnya Pilwu. “Dalam aturan dan mekanisme, ada larangan bagi Panpilwu untuk meminta uang pada calwu. Sehingga, semaksimal mungkin Panpilwu untuk menggunakan anggaran yang ada,” katanya, usai acara Gebyar Senam Sehat di lapangan bola Desa Cipeujeuhkulon Kecamatan Lemahabang, Sabtu (16/9/2023).

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, dalam aturan dan mekanisme yang ada Panpilwu tidak diperkenankan untuk meminta uang pada calwu. Kalau ingin adanya uang partisipasi maupun sejenisnya, konsultasikan ke DPMD agar sesuai aturan dan mekanisme. “Semua ada aturan dan mekanismenya, jadi laksanakan dengan baik dan benar, supaya tidak terkena sanksi,” jelasnya.

Ketika ditanya, apakah sanksi bagi yang melanggar, Diah menjawab, pengembalian. “Kembalikan bilamana ada yang meminta sejumlah uang dalam pelaksanaan Pilwu serentak,” tegasnya.

Sementara itu, acara gebyar senam sehat berlangsung di lapangan sepak bola Desa Cipeujeuhkulon Kecamatan Lemahabang, diikuti ribuan masyarakat dari Daerah Pemilihan (Dapil VI) dan wilayah sekitarnya, seperti Kecamatan Sedong, Susukanlebak dan Losari.

Dengan tema ‘masyarakat sehat ekonomi bangkit negara kuat’, bertujuan untuk membangkitkan ekonomi warga setempat dan mengajak masyarakat untuk aktif berolahraga, salah satunya senam massal ini.

“Dengan berolahraga seperti senam ini akan menyehatkan tubuh dan tentunya, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” imbuh Diah.

Dirinya mengharapkan, peran serta seluruh pihak untuk membangkitkan ekonomi warga dan mengolahragakan masyarakat. “Alhamdulillah, kegiatan berlangsung lancar dan acara senam ini dari anggaran Pokok Pikiran (Pokir) dewan juga partisipasi anggota DPR RI, Bang Dave juga pihak lain,” pungkas Diah.

Kuwu Desa Cipeujeuhkulon, H Lili Mashuri mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang mengadakan senam massal di desa ini.(Supra) 

 

Back to top button