Pemilu

Jelang Pilwu Serentak, DPMD Lakukan Roadshow Pendataan Hak Pilih

CIREBON –  Jelang Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon melakukan road show kedua ke kecamatan-kecamatan.

Hal tersebut dilakukan untuk penajaman terkait dengan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Kepala DPMD Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan melalui Kabid Administrasi Pemerintahan Desa, Aditya Arif Maulana menjelaskan, sebelumnya (bulan Agustus,-red) kemarin, pihaknya telah melakukan road show ke kecamatan-kecamatan, materinya lebih kepada pendataan hak pilih dan pendaftaran calon kuwu.

“Nah, September ini kita lakukan road show kedua. Yaitu ke tujuh kecamatan. Mulai dari Kecamatan Weru, Plumbon, Gunungjati, Arjawinangun, Lemahabang, Ciledug dan Kecamamatan Pabedilan,” kata Adit.

Adit mengatakan pada road show kali ini lebih kepada dalam rangka penajaman materi bagi PPS, yaitu materinya tentang pemungutan suara hingga penghitungan suara. “Pelaksanaan dimulai sejak hari Kamis – Jumat kemudian dilanjut Senin dan Selasa ini,” ujarnya.

Adit menambahkan, karena kali ini materinya tentang pemungutan dan penghitungan suara, road show selain mengundang Ketua PPS, juga mengundang seksi pemungutan dan penghitungan suara di desa-desa tersebut. “Kita berikan pemahaman tata cara pemungutan hingga penghitungan suara,” katanya.

Lebih lanjut, kata Adit, pelaksanaan pemilihan kuwu (Pilwu) tahun ini, kata Adit, perbedaan dengan Pilwu serentak tahun 2019 berbeda, akan tetapi Perbupnya masih sama dengan Pilwu tahun 2021 yaitu pelaksanannya masih berdasarkan Permendagri 72 Tahun 2021 tentang pelaksanan Pilkades dalam masa pandemi.

“Yaitu pelaksanannya setiap desa, TPS nya masih tersebar, dengan maksimal tiap TPS itu 500 orang,” kata Adit.

Tahapan selanjutnya, Adit menambahkan, dua hari ke depan pihaknya akan mengadakan rapat teknis tentang pelaksanaan seleksi akademis, yaitu sesuai dengan jadwal pelaksanaan seleksi akademis akan diselenggarakan di tanggal 17 September. “Dua hari ke depan kita akan rapat teknis matangkan untuk persiapan seleksi akademis,” katanya.(Junaedi)

 

Related Articles

Back to top button