Ayumajakuning

Penggiat Pariwisata Pantai di Indramayu Dibekali Pelatihan BHD

 

INDRAMAYU-PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal (IT) Balongan berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu serta Kelompok Sadar Wisata Putra (Pokdarwis) Putra Tirta Ayu memberikan pelatihan bantuan hidup dasar (BHD) kepada puluhan penggiat pariwisata pantai, di Aula Pariwisata Pantai Tirtamaya Kecamatan Juntinyuat, Selasa (12/9/2023).

Integrated Terminal Manager Balongan, Rahdian Mahardika mengungkapkan, pariwisata pantai memiliki berbagai risiko, salah satunya peristiwa tenggelam. Sehingga perlu dilakukan pelatihan BHD yang melibatkan para penggiat pariwisata pantai, mengenai tata cara penanganan awal kemungkinan terjadinya kecelakaan di kawasan pantai, seperti tenggelam.

Related Articles

“Pariwisata pantai selain dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pengunjung, faktor keselamatan pengunjung juga perlu diperhatikan,” katanya.

Ia berharap, para penggiat pariwisata pantai di Kabupaten Indramayu dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Sehingga dapat menjadi bekal kemampuan saat menangani kecelakaan.

“Kami berkomitmen untuk mensuport dan  berkolaborasi, dengan Dispara dan masyarakat sekitar untuk mengembangkan potensinya masing-masing,” katanya.

Kepala Dispara Kabupaten Indramayu, Tri Nani R menyampaikan  terima kasih kepada jajaran PT Pertamina Patra Niaga IT Balongan yang telah berkolaborasi memberikan pelatihan BHD kepada para penggiat pariwisata.  Sehingga melalui ilmu yang didapat dari pelatihan ini, para peserta dapat mengaplikasikan dengan baik saat terjadi insidenapapun terhadap pengunjung pariwisata pantai.

“Melihat pariwisata pantai yang ada di Indramayu cukup banyak, diharapkan kegiatan semacam ini  bisa berjalan secara berkesinambungan,” katanya.

Narasumber dari Medical Regional Jawa Bagian Barat (RJBB) Muhammad Ibnu Aqil berharap melalui edukasi dan simulasi BHD ini  dapat bermanfaat bagi para penggiat pariwisata pantai. Kemudian dapat ditularkan kepada penggiat pariwisata pantai lainnya di Kabupaten Indramayu.

Koordinator Lapangan Tim Siaga Pantai Putra Tirta Ayu, Wiwin Hartono didampingi Marhatus Sholihah menilai, ilmu yang didapat dari pelatihan BHD sangat bagus dalam upaya penanganan terjadinya insiden yang tidak diinginkan.

“Alhamdulillah, dari pelatihan ini memperoleh ilmu dan pelajaran baru,” ucapnya. (Ratno)

 

Related Articles

Back to top button