CirebonRaya

Secara Aklamasi Heviyana Terpilih Kembali Jadi Ketua PMI

CIREBON-Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Hj Rd Sri Heviyana kembali terpilih secara aklamasi ketiga kalinya menahkodai organisasi untuk lima tahun ke depan.

Terpilihnya Heviyanan tersebut melalui Musyawarah Kabupaten ke-XI PMI Kabupaten Cirebon tahun 2023 yang digelar di salah satu hotel di Kecamatan Kedawung, Kamis (31/8/2023).

Dengan kepercayaan yang diterima menjadi Ketua PMI Kabupaten Cirebon untuk ketiga kalinya, Heviyana menyampaikan rasa syukurnya. “Secara aklamasi saya kembali dipercaya untuk memimpin PMI kembali. Saya bersyukur dan amanah ini harus saya terima,” kata Sri Heviyana.

Menurutnya, dalam mengemban tugas kemanusiaan merupakan hal yang tidak mudah dan penuh tantangan, namun dengan berbekal keikhlasan dan tanggungjawab untuk berbuat kebajikan bagi yang membutuhkan, alhamdulillah selama kepengurusan masa bakti 2018-2023 ternyata tidak terasa lama dalam membantu meringankan beban penderitaan sesama manusia.

“PMI Kabupaten Cirebon berupaya semaksimal mungkin dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk dapat mengikuti perkembangan akan tuntutan masyarakat dalam pelayanan kepalangmerahan, walaupun sumber daya yang dimiliki baik dana, tenaga, sarana dan prasarana terbatas, namun berkat kerjasama dari seluruh pihak dalam bantuan penanganan banjir dan bantuan air bersih, alhamdulillah PMI Kabupaten Cirebon tampil terdepan,” kata Heviyana.

Heviyana menyebutkan, organisasinya segera bekerjasama dengan investor di Korea Selatan terkait pengolahan plasma darah.

“PMI Kabupaten Cirebon sudah memiliki sertifikat CPOB (cara pembuatan obat yang baik) dari BPOM, sehingga diperbolehkan. Bahkan, waktu pandemi Covid-19 unit donor darah memproduksi plasma konvalesen termasuk donor plasma untuk mengobati pasien yang terpapar Covid-19,” kata Heviyana.

Heviyana mengstakan PMI Kabupaten Cirebon sudah mampu memproduksi plasma konvalasen. Obat tersebut tidak hanya untuk warga Kabupaten Cirebon,
melainkan, dimanfaatkan juga oleh warga Jawa Barat lainnya, DKI Jakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

“Salah satu pasien Covid-19 yang mendapatkan donor plasma konvalasen adalah, Bupati Cirebon, H Imron. Pascaterapi itu, pasien mengalami kenaikan antibodi secara signifikan,” kata Heviyana.

Ditempat yang sama Bupati Cirebon, H Imron mengapresiasi karena di zaman ketua PMI Kabupaten Cirebon Hj Rd Sri Heviyana banyak inofasi, di antaranya PMI Kabupaten Cirebon merupakan salah satu PMI terbaik di Jawa Barat. Pasalnya, di Jawa Barat.

Menurut Imron, hanya ada tiga PMI yang memiliki serfitikat cara pembuatan obat yang baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), salah satunya PMI Kabupaten Cirebon.

“PMI Kabupaten Cirebon juga selama ini terus bergerak dalam bidang sosial dan membantu pemerintah. Selain ilmu, PMI juga bergerak nyata kepada masyarakat,” kata Imron. (Iwan/KC)

Back to top button