Pendidikan

Didapuk Jadi Ketua YPSGJ Cirebon, Mukarto Sebut Jabatan di Internal Kampus Akan Berubah

CIREBON- Prof. Dr. H Mukarto Siswoyo, Drs. M.Si, resmi dilantik menjadi Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunungjati (YPSGJ). Mukarto menggantikan Ketua YPSGJ sebelumnya, Dadang Sukandar Kasidin yang tutup usia beberapa waktu yang lalu. Mukarto sendiri sebelumnya menjabat sebagai Rektor UGJ.

Mukarto dilantik menjadi Ketua YPSGJ beserta dengan Sekretaris dan Bendahara YPSGJ oleh Kepala Staf Angkatan Darat, yang juga menjadi Ketua Pembina YPSGJ, Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Auditorium Kampus I UGJ, Jumat (25/8/2023). Untuk Sekretaris YPSGJ sendiri saat ini dijabat Tuti Budiarti dan Bendahara YPSGJ, Nursahidin .

Dalam sambutannya, Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengucapkan terima kasih kepada ketua YPSGJ sebelumnya, almarhum Dadang Sukandar Kasidin yang sudah berdedikasi besar dalam mendukung kemajuan YPSGJ dan UGJ. Dudung berharap kepada para pengurus YPSGJ yang baru agar bisa melanjutkan pengelolaan, baik dan tegak lurus, transparan serta akuntabel.

“Selamat menjalankan tugas baru. Semoga tanggung jawab ini dapat menjadi motivasi membawa UGJ lebih maju lagi dan membentuk mahasiswa menjadi akademisi yang handal, serta ilmu yang berbasis kearifan lokal sesuai visi misi UGJ,” kata Dudung.

Dudung juga berharap kepada pengurus YPSGJ yang baru agar berupaya sedemikian rupa mengembangkan dunia pendidikan, serta kerja sama dengan berbagai pihak agar YPSGJ semakin kuat dalam berbagai hal dalam menunjang pendidikan. Dengan track record Mukarto sebagai Rektor UGJ, Dudung percaya bahwa Mukarto bisa semakin memajukan UGJ.

“Selama enam tahun menjadi rektor, saya yakin dan percaya dapat memajukan YPSGJ dan UGJ,” harapnya.

Sementara itu, Mukarto Siswoyo mengatakan, saat ini di pundaknya ada amanat dan tanggung jawab yang sangat besar.  “Pertama saya mengucap innalilahi. Karena jabatan, amanah yang amat sangat besar yang dipercaya di pundak saya dari para Pembina YPSGJ,” ucap Mukarto.

Meski demikian, mengingat jabatan tersebut merupakan perintah, Mukarto menegaskan akan menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut dengan sebaik- baiknya. Kepada almarhum Dadang Sukandar Kasidin, Mukarto juga mengucapkan terima kasih karena telah menorehkan banyak prestasi dalam rangka mendukung UGJ. Untuk program terdekat sendiri, Mukarto mengatakan, dalam waktu dekat ini akan melakukan konsolidasi di internal YPSGJ.

“Karena hampir semua pengurus baru, jadi akan konsolidasi ke dalam. Lalu juga akan konsolidasi keluar, kita akan mereview kerja sama, komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan pihak eksternal yang selam ini berkontribusi kepada kami,” ujarnya.

Selain itu, Mukarto juga berbicara mengenai rencana akan mendirikan rumah sakit pendidikan bagi Fakultas Kedokteran UGJ. Menurutnya, hal tersebut merupakan kebutuhan bagi Fakultas Kedokteran UGJ. Selain itu, Mukarto juga berbicara mengenai rencana mendirikan sekolah menengah atau SMA/SLTA yang berbasis pendekatan militer.

“Kami berharap, karena memang satu kebutuhan, bisa mendirikan rumah sakit pendidikan bagi Fakultas Kedokteran UGJ, kita akan fokus dulu mendirikan rumah sakit,” jelas Mukarto.

Untuk komposisi jabatan di internal kampus sendiri, menurut Mukarto akan berubah setelah dirinya dilantik menjadi Ketua YPSGJ. Dalam waktu dekat ini, dirinya akan mundur dari jabatan Rektor UGJ. Setelah itu, akan ditunjuk Plt Rektor selama satu bulan.

Selama itu pula, nantinya Senat UGJ akan melaksanakan seleksi calon rektor pengganti dirinya. Mukarto menegaskan, rektor pengganti bersifat seleksi, bukan pemilihan.

“Saya sebagai rektor harus mundur, tidak boleh rangkap jabatan. Nanti kita minta senat untuk melaksanakan seleksi calon rektor, sifatnya bukan pemilihan ya, tapi seleksi. Setelah itu, jika syarat administrasi terpenuhi nanti diserahkan kepada yayasan, maksimal tiga, nanti yayasan yang akan menentukan. Syaratnya pendidikan minimal doktor, jabatan akademik minimal lektor kepala, itu syarat mutlak,” imbuhnya.(Iskandar)

Related Articles

Back to top button