Nasional

Mendekati Target, Ribuan Warga Antusias Bebersih Sampah di Pantai Kesenden Cirebon

CIREBON- Ribuan warga Cirebon dan sekitarnya menyesaki Pantai Kesenden, Kota Cirebon, Sabtu (12/8/2023). Mereka melakukan aksi bersih-bersih pantai bersama Pandawara, sekelompok pemuda yang viral melakukan aksi bersih-bersih pantai di sejumlah lokasi di Indonesia.

Sejak pukul 08.00 WIB, warga sudah berdatangan. Mereka berasal dari warga sekitar, pecinta lingkungan hidup, pelajar, hingga komunitas motor XTC.

Sebagian dari mereka ada yang membawa trash bag atau kantong plastik besar berwarna hitam dan sarung tangan. Warga pun ada yang merangsek ke bibir pantai bersama Pandawara, ada juga yang berjejer sebelum masuk ke pantai.

Sampah-sampah yang dimasukkan ke trash bag kemudian dibawa dan diserahkan secara estafet kepada warga yang berjejer, sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam truk sampah.

Lurah Kesenden, Rulianto mengatakan, dari target 7.800 warga yang diajak oleh Pandawara untuk melakukan aksi bersih-bersih pantai ini, ternyata mendekati target. “Target 7.800 itu mendekati angka yang diinginkan, mudah-mudahan ini jadi momentum kebangkitan masyarakat untuk menjaga pantai dan menjaga sungai,” ujarnya.

Jika sudah bersih, ia berharap Pantai Kesenden ini bisa jadi destinasi wisata baru. “Dan juga roda perekonomian nelayan tidak terhalang oleh sampah,” katanya.

Menurutnya, Kelurahan Kesenden akan berkoordinasi dan melakukan edukasi kepada warga untuk senantiasa menjaga pantai.

Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis, turut datang melakukan aksi bersih-bersih pantai bersama Pandawara Group di Pantai Kesenden.

Menurut Azis, Pemda Kota Cirebon merasa mendapatkan durian runtuh atas kedatangan Pandawara Group untuk melakukan aksi bersih-bersih pantai.

“Karena digerakkan hati masyarakat sehingga memiliki motivasi untuk bersih-bersih pantai. Pemerintah belum tentu bisa seperti ini, tapi Pandawara bisa mendatangkan hingga 5 ribu orang,” ujar Azis, usai bersih-bersih pantai.

Ia menambahkan, pihaknya merasa bersyukur atas kedatangan Pandawara Group ini ke Kota Cirebon. “Sekaligus juga memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan itu tercapai,” katanya.

Menurut Azis, Pemda Kota Cirebon akan merespon aksi bersih-bersih pantai ini untuk program ke depannya. “Kita proteksi masyarakat untuk jangan buang sampah ke sungai dan laut. Sebetulnya, dinas terkait dan para aktivis lingkungan juga sering membersihkan pantai, bahkan dua kali dalam seminggu, namun kan sampah itu cukup banyak. Tapi alhamdulillah dengan gerakan aksi bersih-bersih pantai ini menjadi sebuah gerakan dan ini jadi kesadaran masal,” ungkapnya.

Sebelum melakukan aksi bersih-bersih ini, Pandawara Group memosting video mereka di Pantai Kesenden dengan disertai narasi pantai Cirebon terkotor ketiga di Indonesia.

Menanggapi ini, Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati mengatakan, pihaknya merasa tidak yakin bahwa pantai di Cirebon merupakan pantai terkotor ketiga di Indonesia.

“Kita tidak yakin ya pantai Cirebon, khususnya Pantai Kesenden ini merupakan pantai terkotor ketiga di Indonesia. Itu data dari mana?” ujar Fitria yang juga turut berada di Pantai Kesenden saat aksi bersih-bersih tersebut.

Ia menambahkan, kemungkinan Pandawara salah mengetik narasi di media sosial mereka. “Kemungkinan salah mengetik juga, maksudnya mungkin Pantai Cirebon ini merupakan pantai ketiga yang mereka kunjungi setelah Banten dan Lampung,” ungkapnya.

Lebih jauh Fitria mengungkapkan, sampah di Pantai Kesenden ini memang lumayan banyak, namun bukan berarti yang terkotor ketiga di Indonesia. Sebab, jika ingin membicarakan soal pantai terkotor maka diperlukan data yang lebih komprehensif.

“Meski demikian, kita bersyukur didatangi Pandawara Group. Bersyukur melihat masyarakat begitu antusias datang, sampai ribuan orang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebetulnya cukup banyak yang berkontribusi untuk membersihkan Pantai Kesenden ini. “Pada tahun lalu, di Pantai Kesenden ini DPC PDIP Kota Cirebon juga turut membersihkan, namun memang diperlukan keterlibatan banyak pihak hingga pantai ini bisa bersih,” katanya.

Pada aksi bersih-bersih pantai bersama Pandawara Group ini juga, menurut Fitria, DPC PDIP Kota Cirebon turut menurunkan petugas.(Iskandar)

 

Related Articles

Back to top button