CirebonRaya

Kota Cirebon Kirim Kontingen Raimuna Nasional di Cibubur 

CIREBON – Kota Cirebon mengirimkan 16 orang anggota Pramuka Raimuna ke event Raimuna Nasional XII di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. Event ini akan berlangsung pada 14 -21 Agustus 2023, dan rencananya akan dibuka langsung Presiden Joko Widodo.

Wakil Ketua Pembinaan Anggota Pramuka Kwarcab Kota Cirebon, Irawan Wahyono mengatakan, event Raimuna Nasional ini merupakan agenda lima tahunan. Terakhir digelar pada 2018 lalu.

“Kontingen Kota Cirebon berjumlah 16 orang yang berasal dari Pramuka Penegak, yaitu anak-anak SMA. Mereka berasal dari berbagai SMA negeri dan swasta di Kota Cirebon,” ujar Irawan usai pelepasan kontingen Raimuna Nasional Kota Cirebon di Balaikota Cirebon, Kamis (10/8/2023).

Menurutnya, kontingen yang mengikuti Raimuna Nasional ini sebelumnya diseleksi terlebih dahulu.

“Mereka diseleksi dari kecakapan khususnya. Kemudian setelah terpilih, kita kirimkan ke event tersebut,” tuturnya.

Ia menambahkan, salam event Raimuna Nasional tersebut nantinya ada forum yang bisa diikuti oleh para peserta.

“Ada forum, kemudian mereka juga nanti dibekali wawasan, budaya, juga keterampilan. Mereka akan dikenalkan juga beragam budaya dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

Event Raimuna Nasional ini sendiri akan diikuti oleh 25 ribu peserta dari seluruh Indonesia.”Rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo selaku Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka pada peringatan HUT Pramuka,” ungkapnya.

Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Kwarcab Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati mengatakan, pihaknya berharap para peserta Raimuna Nasional ini bisa menambah wawasan.”Bisa tambah wawasan, keterampilan, jaringan dan menambah pengalaman juga,” ujarnya.(Iskandar)

 

Related Articles

Back to top button