CirebonRaya

Warga Kendal Ikuti Pelatihan Menjahit

CIREBON – Puluhan masyarakat Desa Kendal Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, mengikuti pelatihan menjahit.

Kuwu Desa Kendal, H Abdul Basit mengatakan, pelatihan bagi masyarakat usia produktif ini untuk pembekalan ketika masuk dunia industri maupun berwirausaha. “Tidak hanya desa ini saja, namun desa lain juga ada peserta yang mengikuti pelatihan ini,” katanya, Selasa (1/8/2023).

Kuwu dua periode ini menjelaskan, pelantikan bagi masyarakat yang akan bekerja di industri maupun berwirausaha sangat diperlukan, agar mampu bersaing dengan pelamar kerja lain, sehingga perlu untuk terus dilakukan berbagai latihan bagi usia produktif.

“Dengan melibatkan pihak desa saat diadakan pelatihan, akan mengetahui warga mana saja yang benar-benar ingin bekerja dan berwirausaha. Maka pelatihan lain, seperti perbengkelan dan menganyam rotan perlu juga dilaksanakan dari dinas terkait,” jelas pria yang biasa dipanggil Basit ini.

Masih dikatakan Basit, pelantihan kali ini dari Disnakertrans kisaran 11 orang dan akan berlangsung sekitar satu bulan. “Di samping mendapatkan ilmu dalam menjahit, peserta pelatihan juga mendapat uang saku dan makan siang,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan, bantuan modal bagi warga yang ingin berwirausaha dan penyaluran pada perusahaan, bagi peserta ingin bekerja. “Yang utama, penempatan kerja dan modal usaha,” pungkas Basit.(Supra) 

Back to top button