Pendidikan

Jalin Kerja Sama, KACES Perkenalkan Seni dan Budaya ke Sekolah

CIREBON – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon bersama Korea Art and Culture Education Service (KACES) jalin kemitraan dalam bidang seni dan budaya. KACES perkenalkan seni dan budaya ke sekolah-sekolah.

Program kerja sama pada tahun kedua ini, telah dibuka Wakil Wali Kota Cirebon, Hj Eti Herawati  di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Selasa (1/8/2023) kemarin.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin selama ini,” kata Eti.

Kerja sama tersebut, menurut Eti telah berjalan selama dua tahun. Pada tahun lalu, mengenai batik. Sementara tahun ini, yaitu tentang kerja sama seni dan budaya. “Di mana kedua pihak akan memperkenalkan kesenian serta budaya masing-masing ke sekolah,” tuturnya.

Dijelaskan Eti, pendidikan seni di sekolah merupakan media pengembangan kreativitas dan bakat seni bagi peserta didik. Selain itu, pendidikan seni berperan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak.

“Peserta didik akan lebih menghargai dan menghormati seni dan budaya masing-masing negara,” jelasnya.

Lanjut Eti, Pemda Kota Cirebon akan selalu berkomitmen untuk terus mendukung program pendidikan seni dan budaya antara Korea Selatan dengan Indonesia. Terlebih, hal tersebut menjadi proyek bantuan pengembangan resmi yang diinisiasi oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

“Kami berterima kasih kepada KACES karena telah membantu kami dalam upaya menanamkan sekaligus memperdalam minat pelajar dalam hal pendidikan seni dan budaya,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Cirebon, Kadini menyampaikan bahwa kerja sama ini dalam rangka membangun kecintaan terhadap seni dan budaya, khususnya budaya Cirebon. “Begitupun sebaliknya, Korea Selatan untuk membangun kecintaan terhadap seni dan budayanya,” ujarnya.

Kadini berharap, suatu saat nanti pihaknya dapat mempelajari seni dan budaya negara Korea Selatan. “Sebelumnya mereka telah kami ajak ke beberapa sekolah dan kedepan setiap sekolah akan kami kunjungi untuk juga memperkenalkan mereka,” pungkasnya.(Jaka) 

Back to top button