Ayumajakuning

Gali Potensi Siswa dan Guru, SMPN 1 Sukagumiwang Tingkatkan Mutu Pendidikan

INDRAMAYU- Pendidikan menjadi paradigma untuk guru dan pemerintah guna membantu anak-anak mengeluarkan potensi terbaik mereka. Apalagi, kehidupan generasi muda saat ini dikuasai teknologi digital yang bisa “mengubah” kerangkah berpikir (Mindset) mereka.

Karena itu, pendidikan akan menguatkan manusia dengan jiwa merdeka mampu beradaptasi dengan perubahan apa pun. Termasuk lahirnya kurikulum baru yang saat ini mulai diterapkan di sekolah.

Sebab, hakikat pendidikan dari dulu hingga sekarang sama yaitu untuk membuat manusia selalu ingin belajar tanpa henti untuk menjadi manusia yang terbaik. “Saya akan terus motivasi siswa dan guru untuk unjuk prestasi sesuai amanat visi sekolah kami, kata Kepala SMPN 1 Sukagumiwang, Edi kepada Kacenews kemarin di ruang kerjanya.

Ia mengungkapakan, melalui kegiatan pelatihan atau peningkatan kapasitas guru dan jejaring sosial akan menambah serta membuka wawasan baru dalam pembelajaran. Selain itu, membangun kesadaran diri dan paradigma berpikir guru agar menjadi pendidik yang membangun kultur belajar yang baik.

Terlepas apa pun kurikulum pendidikan yang disiapkan oleh pemerintah.”Bentuk kegiatan dan kegiatan diatas tadi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas menggali potensi tenaga pendlidik. Dengan begitu mereka dapat berkembang dan mentransformasikan keilmuannya kepada peserta didik, “katanya.

Hal lain, kata Edi, untuk menggali potensi dan prestasi siswa dalam bidang akademik dan non akademik pihaknya terus mengikuti event di semua jenjang. Hal ini untuk mengukur tingkat kemampuan siswa dalam pembelajaran akademik dan non akademik.

Dalam bidang akademik kegiatan yang pernah diikuti dan meraih prestasi adalah OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat Kab Indramayu dan berhak mengikuti OSN tingkat Provinsi Jawa Barat. Selain itu, program keagamaan juga diterapkan secara masif dan intensif di sekolah untuk memberikan pendidikan karakter kepada siswa. Sekaligus sebagai ajang mengggali potensi siswa dalam bidang keagamaan.

Dalam bidang non akademik atau ekstrakurikuler pihaknya memfasilitasi dan memotivasi semua kegiatan siswa dari pramuka (wajib), PMR, Paskibra, footsal, volly, dan sepakbola. Prestasi yang diraih saat ini berhasil masuk semifinal dalam ajang GSI (Gala Siswa Indonesia) yang diselenggarakan tingkat Kab. Indramayu.

“Sebenarnya banyak sekali potensi yang dimiliki anak didik kami. Saya siap menggali dan menghantarkan mereka supaya mendulang prestasi, “tegasnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Jamhari membenarkan prestasi yang pernah diraih siswanya. Saat ini pihaknya menyiapkan siswa dalam bidang akademik dan non akademik supaya lebih berprestasi lagi. “Siswa akan disiapkan lebih matang untuk mearih prestasi lebih banyak lagi, “katanya. (Nir)

Related Articles

Back to top button