CirebonRaya

Haul Mbah Kuwu Cirebon Berlangsung Khidmat

CIREBON – Kuwu se-Kabupaten Cirebon konvoi kendaraan motor dari makam Mbah Kuwu di Desa Cirebon Girang Kecamatan Talun menuju pemakaman Gunungjati. Aksi tersebut dalam rangka Haul Mbah Kuwu Cirebon 2023.

Dengan tema ‘Membersamai Persaudaraan Kuwu Lahir dan Batin’, Haul Mbah Kuwu Cirebon, para kuwu memanjatkan doa bagi para leluhur, khususnya Mbah Kuwu Cirebon, sekaligus mengenang juga meneladani perjuangan Mbah Kuwu Cirebon Sangkan dalam bubak sengka tanah Cirebon.

Ketua Forum Komunikasi Kuwu Cirebon, Mulai mengatakan, dengan slogan ‘Singkirna sifat kang den wanci, duwena sifat kang wanti’ atau dalam bahasa Indonesia, Hindari sifat yang jelek (tidak baik), milikilah sifat yang baik ini mengajak para kuwu untuk selalu berbuat baik. “Sebagai manusia harus berbuat baik pada sesama, khususnya para kuwu supaya memperhatikan warga,” katanya usai acara, Minggu (23/7/2023).

Kuwu Desa Keraton Kecamatan Suranenggala ini menjelaskan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan dengan mengendarai sepeda motor konvoi dari makbaroh Mbah Kuwu Cirebon Girang di Talun menuju pemakaman Gunungjati.

“Alhamdulillah, acara berlangsung sukses tanpa ekses dan kami ucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang berpartisipasi pada acara ini. Jangan lupa. 28 Juli mendatang, ada pagelaran wayang di alun-alun Palimanan,” jelasnya.

Bupati Cirebon, H Imron sangat apresiasi Haul Mbah Kuwu Cirebon yang berlangsung khidmat. “Tentunya para kuwu harus meneladani sekaligus mengenang jasa Mbah Kuwu Cirebon,” ungkapnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Panonganlor Kecamatan Sedong, Agus Syamsah, menyambut baik acara yang digagas para kuwu dalam acara Haul Mbah Kuwu Cirebon. “Dengan adanya kebersamaan akan sangat mudah dalam mewujudkan Kabupaten Cirebon yang lebih baik dari yang sudah baik,” ujar Kuwu dua periode ini

Senada dikatakan Kuwu Desa Karangmekar Kecamatan Karangsembung, Rusmanto. Dirinya sangat berbangga hati bisa bertemu dengan para kuwu baik yang lama maupun baru. “Mari kita jaga Marwah Kuwu dengan melakukan tindakan yang baik dan membangun desa masing-masing menuju Kabupaten Cirebon yang lebih maju,” tutur Kuwu dua periode ini.

Kuwu Desa Cilengkrang Kecamatan Pasaleman, Suhardi menambahkan, sebagai salah satu desa perbatasan sangat diperlukan perhatian serius dari pihak terkait, khususnya bidang infrastruktur jalan.

“Kondisi jalan memprihatinkan sangat menganggu aktivitas masyarakat maupun pengguna jalan, maka secepat mungkin dilakukan perbaikan,” imbuhnya didampingi Kuwu Desa Cigobangwangi, kecamatan setempat, Wahidin. (Supra)

Back to top button