CirebonRaya

Pos Bindu untuk Lansia Tangguh 

Tingkatkan Harapan Hidup, Unggul Berkualitas

CIREBON – Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kesehatan berupa terus mewujudkan kelompok lanjut usia (lansia) tangguh. Hal ini dilakukan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berkualitas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, dr. Hj. Neneng Hasanah mengatakan, dalam upaya mewujudkan hal tersebut, pemerintah melakukan berbagai upaya, mulai dari program pos pembinaan terpadu (bindu), skrining kesehatan, dan beberapa akses untuk kemandirian hidup salah satu kelompok masyarakat tersebut.

Menurut Neneng, program tersebut rutin setiap satu bulan sekali. Adanya tranformasi layanan kesehatan dasar, nanti bisa dilaksanakan pula di pos pelayanan terpadu (posyandu) di masing-masing daerah.

“Nantinya tidak hanya program pos bindu saja, tetapi ada senam lansia yang bisa dilakukan di masing-masing desa. Hal ini untuk tetap menjaga kesehatan para lansia,” kata Neneng saat menghadiri Peringatan Hari Lansia di Halaman Kantor Dinas Kesehatan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (20/7/2023).

Ketua Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kabupaten Cirebon, Yayat Ruhiyat, saat ini para lansia di Kabupaten Cirebon tengah merayakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023.

Perayaan tersebut digelar untuk mewujudkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran lansia untuk pembangunan di Kabupaten Cirebon.  Dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 88 tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan disebutkan, diperlukan adanya koordinasi lintas sekor antara pemerintah pusat, pemerintah paerah, dan seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan lanjut usia yang mandiri, sejahtera, dan bermartabat.

“Lansia bisa mempertahankan kesehatan untuk mewujudkan angka harapan hidup. Di Kabupaten Cirebon baru 73,4. Diharapkan bisa meningkat,” kata Yayat. (Junaedi)

 

Back to top button