CirebonRaya

Dukung UMKM Hijau dan Inklusif, BI Cirebon Kembali Gelar CEF 2023

CIREBON – Di tengah momentum penguatan ekonomi nasional, sektor UMKM memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal ini mengingat kontribusi UMKM terhadap PDB cukup besar yang mencapai 61% dan menyerap tenaga kerja nasional hingga 97%

Tidak hanya tumbuh, untuk menjawab tantangan perubahan iklim ke depan maka diperlukan upaya untuk mendukung transformasi IJMKM yang hijau dan inklusif.

Sebagai langkah nyata dalam mendorong hal tersebut dan dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWI), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon kembali menggelar Ciayumajakuning Entrepreneurship Festival (CEF).

Pagelaran C EF telah berlangsung sejak tahun 201 6 sebagai bentuk dukungan pengembangan IJMKM di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan melalui sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Pada pelaksanaan Ke-8 tahun ini, C EF 2023 mengusung tema “Ciayumajakuning Tumbuh, Hijau dan Berkelanjutan” dengan tagline “Go Green to Encourage Economy, Digital and Green Generation ‘I, yang mengandung semangat optimisme dalam meraih momentum penguatan ekonomi melalui digitalisasi dan inklusi keuangan di ekosistem yang berkelanjutan.

Pada Opening Ceremony C EF 2023, Wakil Wali Kota Cirebon Hj. Eti menyampaikan bahwa prospek pertumbuhan perekonomian Ciayumajakuning berpotensi meningkat mengingat telah diresmikannya Tol Cisumdawu yang dapat mendorong mobilisasi masyarakat ke wilayah Ciayumajakuning.

“Sehingga harapannya dapat turut meningkatkan potensi pengembangan IJMKM dan ekonomi kreatif khususnya dalam mendukung pengembangan potensi wisata dan produk lokal di Ciayumajakuning.

Senada dengan hal tersebut, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Achris Sarwani, menyampaikan bahwa potensi pengembangan UMKM di wilayah Jawa Barat masih memiliki potensi untuk terus dikembangkan khususnya untuk mendukung ekonomi berkelanjutan sebagai critical engine dalam pengembangan produk dan jasa yang bersifat ramah lingkungan.

“Pada Laporan Kegiatan C EF 2023 yang disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Bank Indonesia Cirebon, bahwa Bank Indonesia siap mendukung transisi IJMKM Hijau antara lain dengan mendorong UMKM untuk menjadi lebih ramah lingkungan, mulai dari penggunaan bahan baku, proses, hingga hasil produksi yang tidak merusak lingkungan,” katanya.(Epih)

 

Related Articles

Back to top button