Ayumajakuning

Kurang Peminat, Tidak Ada Siswa Baru di SDN Kertasari 3

MAJALENGKA-Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kertasari 3, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka pada tahun ajaran 2023/2024 tidak mendapatkan siswa baru. Sehingga jumlah  siswa di sekolah itupun kini hanya 12 orang, karena ada sejumlah kelas yang tidak ada siswanya.

Kepala SDN Kertasari 3, Asikin mengungkapkan,  pihaknya sudah membuka pendaftaran sejak awal dan berusaha mencari siswa. Namun tidak ada seorangpun yang mendaftarkan diri.

Kondisi ini diduga karena sekolah dianggap jauh ke pemukiman penduduk, sehingga orang tua memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah yang jaraknya lebih dekat.

“Kelas yang tidak ada siswanya itu adalah kelas I, kelas V dan kelas VI. Semula kelas VI ada satu orang namun pada tahun ajaran baru sekarang pindah ke Sumedang,” katanya.

Ia menyebutkan, total jumlah siswa itu terdiri dari dua orang siswa kelas II, satu orang siswa kelas III, serta sembilan orang siswa kelas V.

Sementara itu menurut Asikin, kini jumlah guru di SDN Kertasari 3 sudah bertambah menjadi empat orang dari yang semula hanya dua orang. Karena ada tambahan tenaga guru berstatus PPPK.

“Sekolah ini baru dua tahun  selesai dibangun, dengan peralatan mebeler yang juga baru,”ujarnya.

Menyikapi jumlah siswa yang terbatas,   para siswa di sekolah ini nampak biasa-biasa saja. Alasan mereka karena sudah terbiasa dengan jumlah siswa yang sedikit. Mereka juga tidak mempersoalkan jarak rumah ke sekolah yang sebagian  di antaranya mencapai 1 km.

“Biasa saja, senang, penting naik kelas,” kata Sultan, siswa kelas IV .

Demikian juga dengan Irma siswi lainnya, dia tidak mempersoalkan banyak atau sedikitnya siswa, bahkan tidak ada siswa baru.(Tati)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 Lampiran • Dipindai dengan Gmail

 

 

BalasTeruskan

 

Related Articles

Back to top button