CirebonRaya

Lanjutkan Proyek Stadion Watubelah, Pemkab Anggarkan Rp 9,5 Miliar

CIREBON – Tahun ini Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, bakal kembali melanjutkan pembangunan Stadion Watubelah. Bahkan saat ini, tahapannya sedang pengumuman lelang dan diperkirakan akan berlangsung selama satu bulan.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, H Sucipto menyampaikan, pembangunan lanjutan Stadion Watubelah tahun ini menggunakan dana dari APBD Kabupaten Cirebon sebesar Rp 9,5 miliar. Anggaran senilai tersebut untuk membangun lapangan dan jogging track saja.

“Jogging track juga tidak seratus persen, hanya melanjutkan sekitar 100 meteran,” ujar Sucipto di Sumber.

Sedangkan untuk lapangannya, Sucipto memastikan tidak lagi menggunakan rumput sintetis, melainkan menggunakan rumput alami sesuai standar FIFA.

Menurut Sucipto, pembangunan lanjutan Stadion tersebut memang memprioritaskan pembangunan lapangan dengan rumput alami agar bisa segera dipakai. “Diprioritaskan lapangan, biar bisa (segera, red) dipakai,” katanya.

Untuk menuntaskan pembangunan Stadion tersebut, kata dia, dibutuhkan anggaran di atas Rp 100 miliar lagi yang rencananya bakal dilakukan pada tahun 2024 nanti.

“Kami sudah mengajukan anggaran ke provinsi untuk pembangunan lanjutan di 2024 sebesar Rp 250 miliar. Kalau permohonan itu direalisasi, pembangunan bisa selesai termasuk tribun dan segala macamnya,” katanya.

Namun, kata Sucipto, untuk pembangunan lanjutan di tahun 2024 nanti, pihaknya ingin agar dilakukan evaluasi terlebih dahulu oleh konsultan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kekuatan konstruksinya yang dipastikan berkurang karena proses pembangunannya sudah lebih dari 10 tahun.

“Khawatir ya, jadi pembangunan lanjutan harus uji lab dulu. Kan besi besi konstruksi pasti sudah berkurang kekuatannya. Jadi untuk penuntasan nanti harus di evaluasi dulu oleh konsultan,” katanya.(Junaedi)

 

Related Articles

Back to top button