Ayumajakuning

Tidak Ada Desa Tertinggal, Satuan Praja IPDN Apresiasi Pemkab Majalengka

 

MAJALENGKA-Ribuan Praja Pratama IPDN  Angkatan XXXIII tahun akademik 2023, mengakhiri masa pengabdian magangnya di Kabupaten Majalengka, Senin (3/7/2023) .

Program magang Satuan Praja Pratama IPDN ini  dilaksanakan selama 21 hari  di 87 desa yang tersebar di 10 kecamatan.

Tiga perwakilan praja IPDN  mengapresiasi  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka, yang berdasarkan penelitiannya, seluruh desa di Kabupaten Majalengka atau di 333 desa dinyatakan tidak terdapat desa tertinggal.

Sehingga kondisi ini menjadi indikator-indikator yang menjadikan pemerintah dapat meraih berbagi prestasi di tingkat provinsi dan nasional.

Pemerintah juga memudahkan  akses  untuk fasilitas pendidikan, keagamaan, sarana olahraga, ruang publik, pasar dan lain-lain.

Indikator tersebut juga yang membuat Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Majalengka saat ini menempati peringkat ke-6 di Jawa Barat dan peringkat 59 tingkat nasional serta peringkat ke-2 tingkat Jawa Barat dalam katagori pengelolaan Dana Desa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majalengka H Eman Suherman menyampaikan terima kasih kepada Praja IPDN, yang sudah melaksanakan program praktik magang. Sehingga cukup membantu masyarakat dan pemerintah di tingkat desa melalui ilmunya yang diaplikasikan di masyarakat.

“Semoga ini dapat memberikan pembelajaran yang berarti untuk menjadikan bekal dalam menghadapi dinamika perubahan. Sehingga dapat memberikan pelayan yang maksimal terhadap masyarakat,”katanya.

Ia berharap Praja yang dikaderkan sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang  bisa memahami dinamika yang terjadi dari mulai pemerintah tingkat desa, kecamatan hingga pemerintah pusat.

Sehingga ke depan dapat menjadikan kader calon pemimpin berkualitas, yang dapat menjawab tantangan terbesar, seperti halnya sekarang dapat menjawab tantangan kemajuan teknologi, modernisasi tanpa harus menghilangkan adat dan tradisi gotong royong serta kebersamaan yang akan menguatkan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.(Tati)

 

 

Related Articles

Back to top button