CirebonRaya

Sultan Aloeda II Terima Piagam Penghargaan dari Ketua DPD RI

CIREBON – Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, memberikan piagam penghargaan kepada Sultan Sepuh Aloeda II Rahardjo Djali. Piagam ini diberikan atas partisipasi Sultan Aloeda II dalam silaturahmi raja dan sultan Nusantara.

“(Piagam) ini merupakan bentuk pengakuan dari lembaga Negara, diharapkan keraton ke depannya agar lebih berkiprah lagi dan lebih maju lagi,” ujar Ketua Dewan Kalungguhan, Raden Udin Kaenudin.

Dalam gelaran silaturahmi raja dan sultan Nusantara tersebut, Sultan Aloeda II juga berfoto bersama para raja dan sultan. “Itu adalah bukti otentik jika Sultan Sepuh Aloeda II memang sudah menyatu dengan kalangan raja dan sultan Nusantara. Juga dengan keluarnya piagam penghargaan dari DPD RI yang merupakan lembaga Negara sebagai bukti jika Sultan Sepuh Aloeda II memang diakui sebagai sultan,” ujarnya.

Menurut Raden Udin, diharapkan juga konflik di Keraton Kasepuhan dapat selesai kemudian dilanjutkan dengan program Sultan Aloeda II.

“Menjadi sultan itu ada tugas besar menanti, yaitu bagaimana memajukan keraton agar keraton lebih berkiprah dan maju lagi di bidang agama, ekonomi, dan lain-lain,” ungkapnya.

Ia menambahkan, keraton jangan tenggelam karena masa, sehingga diharapkan terus berkiprah sesuai zaman.

Sebelumnya, pada bulan April 2023 lalu, tepatnya di bulan puasa, Ketua DPD RI juga menyambangi Sultan Sepuh Aloeda II di Umah Kulon untuk berbuka puasa bersama.

Saat itu, menurut Sultan Aloeda II, ada pesan khusus yang diterimanya dari ketua DPD RI bahwa keluarga besar harus mensyukuri apa yang ada saat ini walaupun keadaan keraton sangat tidak terpelihara.

“Saya jelaskan bahwa memang kami mempunyai pekerjaan yang besar untuk menegakkan marwah Keraton Kasepuhan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD RI menyampaikan kehadirannya di Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan komitmen dirinya dalam memperjuangkan eksistensi dan keberadaan kerajaan dan kesultanan di Indonesia.

“Di bulan yang baik ini, Alhamdulillah saya bisa bersilaturahmi ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Kami di DPD RI masih berusaha terus memperjuangkan kerajaan dan kesultanan Nusantara agar mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat dan daerah,” jelasnya.(Khrisna)

 

 

Back to top button