Ayumajakuning

Ruas Tol Cisumdawu Beroperasi Juli, Diyakini Dapat Menunjang Kelancaran Penerbangan di BIJB

 

MAJALENGKA-Jalan Tol Cisumdawu yang diharapkan bisa beroperasi seluruhnya pada Juli 2023, akan menunjang penerbangan umrah di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka. Sehingga dapat mengikuti lancarnya penerbangan haji tahun ini.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo saat melakukan kunjungan ke Bandara Kertajati, Sabtu (24/6/2023) mengungkapkan, ada keyakinan jika Tol Cisumdawu beroperasi maka Bandara Kertajati juga akan beroperasi dengan lancar, untuk penerbangan haji dan umrah maupun penerbangan komersial.

“Sejak awal dikatakan bahwa Bandara Kertajati akan berjalan manakala tolnya sudah berjalan. Nah sekarang kita lihat jalan tol sudah siap, mudah- mudahan bulan depan tol ini bisa beroperasi,” katanya.

Ia menyampaikan,  kehadirannya ke Bandara Kertajati juga untuk melihat langkah-langkah yang telah dilakukan Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). Hasil pantauannya itu, untuk menyongsong semua hal yang direncanakan sudah berjalan baik.

Menurutnya, setelah penerbangan haji selesai hingga kepulangannya, maka pemberangkatan jemaah umrah  juga akan terus dilakukan dari Bandara Kertajati.

“Kami hanya ingin mengetahui betul, bahwa nanti jalan tol selesai, bandara selesai programnya adalah untuk haji dan bertahap nanti juga untuk komersial. Dan tadi dari teman-teman Perhubungan menyampaikan akan ada aturan dari Kementerian Perhubungan, agar pemanfaatan Bandara Kertajati ini juga bisa lebih ditingkatkan,” tuturnya.

Wahyu mengemukakan, selain memfungsikan Bandara Kertajati, juga merealisasikan pengembangan Segi Tiga Rebana. Diketahui Bandara Kertajati  sudah  memiliki lahan 30 persen dari luas lahan yang semula direncanakan seluas  3.800 hektare.

Pemprov Jabar telah menunjuk tim untuk  melakukan pengembangan dari Segitiga Rebana tersebut. Tim  akan menyusun rencana kerja dan mencari investor, agar mulai masuk wilayah Kertajati.(Tati)

 

 

Related Articles

Back to top button