CirebonRaya

Bappelitbangda Kota Cirebon Adakan Tes Kebugaran

Pastikan Kondisi Fisik Para Pegawai Tetap Prima dan Sehat

CIREBON- Olahraga kali ini sedikit berbeda dari biasanya karena Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Cirebon bekerja sama dengan Puskesmas Sunyaragi mengadakan kegiatan rangkaian olahraga tes kebugaran.

Tes Kebugaran dilaksanakan Jum’at sekira pukul 07.00 WIB di Halaman Kantor Bappelitbangda Kota Cirebon yang diikuti seluruh pegawai.

“Tujuan dilaksanakan tes ini agar aspek kesehatan dapat selalu terpantau. Tes kebugaran juga untuk memastikan kondisi fisik para pegawai dalam kondisi prima dan sehat selalu,” ujar Kepala Bappelitbangda Kota Cirebon, Drs. Agus Herdhyana, M.Si.

Adapun rangkaian tes yang dilakukan yakni mengisi form tes kebugaran jasmani yang berisi identitas diri, mengecek tekanan darah dilanjutkan dengan jalan sehat bersama-sama.

Usai kegiatan kebugaran acara di isi dengan penyuluhan tentang kesehatan disampaikan bidan setempat.

Dijelasakan, pada tes kebugaran menggunakan teknik YMCA, yang dinilai adalah bagaimana kerja denyut jantung setelah 3 menit melakukan gerakan naik turun dari bangku yang bentuknya menyerupai tangga.

Dengan menggunakan alat bantu lainnya berupa stopwatch dan metronome atau atau alat pengatur irama sehingga bergerak sesuai irama maka tingkat kebugaran dapat diketahui.

Jika hasilnya tinggi yakni mencapai angka 150 setelah tes, maka kesimpulanya kurang bugar. Namun hasil penilaian itu masih harus disesuaikan lagi berdasarkan jenis kelamin dan usia.

“Dengan mengetahui tingkat kebugaran sejak awal, maka kita dapat dengan mudah menentukan jenis olahraga apa yang ideal sesuai dengan kondisi fisik seseorang,” jelasnya.(Cimot)

Related Articles

Back to top button