CirebonRaya

49 Siswa Tim Hafidz ESQul SMPN 1 Wisuda Tahfidz

CIREBON – Sebanyak 49 siswa tim Hafidz ESQul The Voissa SMP Negeri 1 Kota Cirebon laksanakan wisuda Tahfidz Jilid 12 yang di gelar di salah satu hotel di Jalan Wahidin Sudirohusodo Kota Cirebon, Minggu (25/6/2023).

Wisuda Tahfidz Jilid 12 mengambil tema Memperkuat Profil Pelajar Pancasila, Mewujudkan Pelajar Muslim yang Moderat dan Rohmatalilalamin.

Kegiatan Wisuda Tahfidz ini merupakan kegiatan tradisi enam bulan sekali untuk mengapresiasi kepada anggota tim Hafidz ESQul The Voissa yang berhasil menambah hafalan 1 Juz atau mempertahankan hafalan 1 Juz atau pun juga yang aktif dalam kegiatan tim Hafidz ESQul The Voissa.

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Asep Syaefurrachman mengatakan, isi kegiatan ini adalah pemberian piagam Syahadah, pemberian medali Tahfidz, kemudian ada penguatan spiritual melalui kegiatan muhasabah dan juga ada pemberian apresiasi berupa Kasep Selebrasi.

“Kasep Selebrasi itu Kang Asep selalu memberi apresiasi, itu diberikan kepada anggota-anggota yang berhasil melaksanakan program-program Mataku Kasep yang sifatnya membuat karya digital dan juga lomba-lomba lain dalam rangka memperingati hari-hari besar. Kemudian juga dalam rangka Mabit dan dalam rangka program rutin harian,” katanya.

Dari 49 anak ini, Asep menjelaskan, semua merupakan siswa siswi SMPN 1 Kota Cirebon dari kelas VII-IX yang merupakan tim Hafidz ESQul The Voissa. “Kelas IX kan sudah kelulusan, ini wisuda terakhir atau pengukuhan buat kelas IX. Alhamdulillah yang kelas IX ini semua diterima melalui jalur prestasi Tahfidz,” jelasnya.

Asep berharap, enam bulan kedepan dapat melaksanakan wisuda kembali dan semakin banyak siswa yang mengikuti tim Hafidz ESQul The Voissa ini. “Alhamdulillah dari tahun ke tahun semakin meningkat anggotanya. Misi kedua untuk menciptakan kader dakwah, jadi dakwah utamanya adalah dakwah lewat karya digital wajibnya, sisanya pidato atau sesuai kemampuan,” pungkasnya.(Jaka)

Back to top button