CirebonRaya

Kurangi Angka Pengangguran, Disnaker Gelar Pelatihan Servis HP

CIREBON – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Cirebon, terus menekan angka pengangguran. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan bagi masyarakat.
Pelatihan yang diadakan tersebut, antara lain menjahit dan servis HP.

Seperti di Kecamatan Pabuaran dan Kecamatan Waled, puluhan warga setempat mengikuti pelatihan sekitar satu bulan. Kepala Disnaker Kabupaten Cirebon, Novi Hendrianto mengatakan, pelatihan bagi puluhan warga, khususnya usia produktif, salah satu tujuannya untuk menambah ilmu.

Agar ilmu yang dimiliki dapat digunakan pada tempat kerja maupun membuka usaha. “Dengan membuka usaha maupun bekerja di perusahaan, akan mengurangi angka pengangguran,” katanya usai acara di Kecamatan Waled, Selasa (20/6/2023).

Novi menjelaskan, angka pengangguran di Kabupaten Cirebon dalam kurun waktu tiga tahun, cenderung menurun dan akan terus diupayakan hingga pengangguran minim. Salah satunya dengan pelatihan, baik servis HP dan menjahit. “Usai pelatihan, akan disalurkan ke perusahaan yang membutuhkan. Misalnya perusahaan A butuh tenaga kerja penjahit, kami sudah siap,” jelasnya.

Masih dikatakan Novi, penyerapan tenaga kerja pada perusahaan di Kabupaten Cirebon membutuhkan pekerja yang handal di bidangnya. Maka dengan adanya pelatihan, mempersiapkan diri, bila mana perusahaan membutuhkan bidang tersebut.

“Kami tetap upayakan pekerja yang siap di bidangnya, agar perusahaan merasa puas dengan tenaga yang dipersiapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon, H Imron, sangat apresiasi upaya yang dilakukan Disnaker untuk mengurangi pengangguran. “Pelatihan ini sebagai bentuk keseriusan Pemkab untuk mengurangi pengangguran,” ungkapnya.

Camat Waled, Atat Hartati mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Disnaker juga pihak terkait yang mengadakan pelatihan ini. “Semoga ilmu yang didapat bermanfaat dan diterima pada perusahaan yang inginkan,” ujarnya.

Senada dikatakan Camat Pabuaran, Dedi. Sekitar 22 warga desa yang mengikuti pelarihan ini. “Pelatihan ini tentunya sangat bermanfaat bagi yang pemuda dan pemudi desa,” imbuhnya.(Supra)

 

 

Related Articles

Back to top button