Ayumajakuning

Hadiri CSS, Pemkab Indramayu Berkomitmen Dorong Pembangunan Sanitasi

INDRAMAYU-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menghadiri City Sanitation Summit (CSS) XXI, yang diselenggarakan Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKOPSI) di Kawasan Gedong Budaya Soreang Kabupaten Bandung, Kamis (15/6/2023).

Kepala Dinkes Kabupaten Indramayu Wawan Ridwan, mengungkapkan, pertemuan CSS menjadi komitmen bersama bagi para pemangku kebijakan, dengan bertukar pengalaman terkait pelaksanaan kegiatan sanitasi, sekaligus guna mencegah potensi stunting atau gagal tumbuh kembang anak akibat kurangnya gizi.

“Selain ajang pertemuan, kegiatan tersebut juga dapat membangun kemitraan dan mendorong upaya advokasi, promosi dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di setiap daerah,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya pertemuan CSS ini bagi Pemerintah Kabupaten Indramayu dapat belajar dari daerah lain untuk menciptakan pembangunan sanitasi sesuai kebijakan pemerintah dengan melibatkan sejumlah pihak.

“Dari pertemuan ini, kami dapat belajar dari kabupaten dan kota lainnya, sehingga nantinya kami dapat mengimplementasikan di Kabupaten Indramayu agar terwujud masyarakat yang sehat dan bebas stunting guna terwujudnya Indramayu yang Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat),” katanya.

Menurutnya, melalui pelaksanaan pembangunan sanitasi yang baik ini, maka akan memberikan dampak yang positif untuk meningkatkan pola hidup sehat masyarakat, serta terwujudnya program pembangunan berkelanjutan (SDGs) pada sektor lingkungan hidup.

“Melalui pertemuan ini kami berharap ingin memastikan dengan kolaborasi dan kerja sama antar perangkat daerah di Kabupaten Indramayu, bagaimana masyarakat memiliki akses air bersih, sanitasi layak, dan lingkungan layak huni sebagai bagian dari kebutuhan dasar manusia yang sudah selayaknya didapatkan,”  tuturnya.

Kemudian pertemuan CSS tersebut dilanjutkan dengan sesi pemaparan dari sejumlah narasumber, yang dihadirkan penyelenggara.

Kegiatan tersebut, selain dihadiri kepala Dinkes, juga Kabid Infrastruktur Penyehatan Lingkungan (IPL) Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (Kimrum), Moh. Krisdiantoro dan Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu Elly Sunarti.(Ratno)

 

Related Articles

Back to top button